Regional

Ribuan Nelayan di Bone Bakal Terima Asuransi

BONE, SULAWESINEWS.COM–Kabar menggembirakan bagi nelayan di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Dalam waktu dekat ini, nelayan akan diberikan asuransi dari Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Angsuran premi asuransi seluruhnya ditanggung Kementerian Kelautan dan Perikanan. Perlindungan asuransi bagi nelayan agar para nelayan merasa aman bekerja sebagai pencari ikan di lautan bebas.

Hal ini diungkapkan Kepala Bidang Perikanan Tangkap Pesisir Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Bone, Andi Sukiman di ruang kerjanya, Senin (03/10/2016).

“Asuransi ini gratis, pusat yang bayarkan. Jadi, sekarang nelayan betul-betul kita lindungi karena memang sudah ada Undang-undang yang mengatur tentang itu,” jelasnya.

Pihaknya sementara ini telah turun mendata dan mensosialisasikan program tersebut di 10 kecamatan wilayah pesisir.

Baca Juga:  TA Provinsi Nilai Pengembangan Kapasitas di Bone Masih Minim

Namun yang menjadi kendala adalah terkadang identitas kartu keluarga (KK) nelayan tidak sama dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP). “Yang beda itu kita minta nelayan untuk segera memperbaikinya. Karena harus sama identitas KK dengan KTP,” tegasnya.

Ia mengungkapkan, hingga Desember 2016 DKP targetkan 2.500 nelayan sudah siap dari 9.000 nelayan yang di Kabupaten Bone. Nelayan yang mendapat perlindungan asuransi adalah nelayan yang memiliki kartu nelayan.

“Jadi yang hanya diberikan perlindungan asuransi nelayan bagi yang mengantongi kartu nelayan. Itu nanti jika di saat mencari ikan di lautan bebas terjadi kecelakaan, maka asuransi akan membayar seluruh biaya pengobatan. Bila meninggal, nelayan tetap mendapat santunan asuransi,” jelasnya.

Baca Juga:  Dinkesos Bone Berikan Bantuan Lima Penyandang Disabilitas

Burhan Hamzah

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top