Nasional

Hari Ini Kapolri Jenderal Tito Karnavian Lantik Enam Kapolda Baru di Mabes Polri

Kapolri Jenderal Tito Karnavian Lantik Enam Kapolda Baru di Mabes Polri {Foto : Liputan6}

JAKARTA, SULAWESINEWS.com – Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian melantik dan mengambil sumpah enam kepala polisi daerah (Kapolda) dan tiga pejabat Polri.

Pelantikan tersebut mengacu kepada mutasi perwira tinggi Polri yang tercantum pada surat telegram rahasia Nomor ST/2987/XII/2016 tertanggal 12 Desember 2016.

Acara pelantikan dan pengambilan sumpah itu dilakukan di Ruang Rapat Utama Mabes Polri (Rupatama) Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (16/12/2016). Tito selaku inspektur upacara dan memimpin langsung pengambilan sumpah itu.

Acara tersebut turut dihadiri perwira tinggi dan menengah Polri. Tampak hadir juga komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Poengky Indarti.

Setelah memimpin pelantikan, Kapolri menuntun para pejabat baru itu membacakan sumpah jabatan.

Baca Juga:  Dugaan Korupsi Desa Beringin, Giliran Sekdes Akan Dipanggil?

“Saya akan setia pada UUD 1945 dan NKRI. Bahwa saya akan menaati seluruh peraturan dan UU dengan penuh pengabdian. Menjunjung tinggi kehormatan negara, pemerintah, dan Polri,” ujar Tito memimpin sumpah pembacaan sumpah diikuti enam Kapolda baru lainnya, Jumat (16/12/2016).

Adapun yang menduduki jabatan baru sebagai Kapolda yakni Inspektur Jenderal Bambang Waskito sebagai Kapolda Sulawesi Utara, Inspektur Jenderal Agung Budi Maryoto sebagai Kapolda Sumatera Selatan, dan Inspektur Anton Charliyan sebagai Kapolda Jawa Barat.

Kemudian, Inspektur Jenderal Muktiono sebagai Kapolda Sulawesi Selatan, Brigadir Jenderal Pol Martuani Sormin sebagai Kapolda Papua Barat, dan Brigadir Jenderal Pol Nandang sebagai Kapolda Sulawesi Barat.

Selain itu, Kapolri juga melantik Brigadir Jenderal Royke Lumowa sebagai Kepala Korps Lalu Lintas Polri menggantikan Agung Budi.

Baca Juga:  Mobil Avanza Terjun Bebas di Kanal

Lalu, Brigadir Jenderal Pol Lukman Wahyu dilantik menjadi Kassespimmen Sespim Polri, dan Inspektur Jenderal Wilmar Marpaung sebagai Widyaiswara Sespim Polri. (*)

Source : Kompas
Editor : Yumul

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top