Ekonomi

Demi Memperlancar Aktifitas dan Ekonomi Warga, Pemerintah Desa Ini Bangun Rabat Beton

Pemerintah Desa Nimbuneha Bangun Rabat Beton [Foto : Andi Momang]

KOLAKA UTARA, SULAWESINEWS.COM – Demi memperlancar aktifitas dan perekonomian warganya, pemerintahan Desa Nimbuneha, Kecamatan Ngapa, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) membangun jalan rabat beton sepanjang 1.965 meter dari Dana Desa (DD) untuk tahun tahun anggaran 2017.

Kepala Desa Nimbuneha, Andi Amir Hamza, saat ditemui Rabu (29 /11/2017), mengatakan bahwa untuk pengunaan dana desa, dia prioritaskan adalah pembangunan rabat beton.

Karena menurutnya, Desa Nimbuneha, salah satu desa yang memiliki empat dusun yang terletak di wilayah pergunungan. Sehingga kata dia, sangat sulit dilalui kendaraan, apa lagi saat musim hujan tiba.

“Dulu sebelum ada Dana Desa, warga Nimbuneha sangat kesulitan untuk membawa hasil perkebunanya ke kota Kecamatan untuk dijual.  Mereka harus ‘jatuh bangun’ kalau turun karena kondisi jalan yang hancur. Apa lagi jika saat musim hujan, kadang dua sampai tiga jam baru mereka bisa sampai,” kata Andi Amir.

Baca Juga:  Puluhan KK di Desa Ini Belum Menikmati Aliran Listrik, Kades: Kita Akan Bantu PLTS

Dikatakan Andi Amir, dengan adanya Dana Desa untuk pembangunan, kini warganya hanya butuh waktu sekitar 30 menit sudah sampai di ibu kota Kecamatan.

“Alhamdulillah warga sekarang untuk ke kota hanya butuh sekitar 30 menit perjalanan sudah sampai. Karena 45% jalan di Nimbuneha sudah dirabat beton,” Jelasnya.

Selain itu, untuk tahun anggaran 2017 ini pemerintah Desa Nimbuneha juga membangun plat dekker yang terletak di dusun dua, dengan anggaran sekitar 68 juta.

“Mudah – mudahan tiga tahun kedepan seluruh jalan di wilayah Desa Nimbuneha sudah bisa dirabat beton sehingga warga semakin mudah menjangkau kota kecamatan,” tutupnya.

Reporter : Andi Momang
Editor : Anha

Baca Juga:  Kisruh, Dugaan Korupsi Desa Beringin Kian Memanas
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top