Edukasi

Demi Pendidikan Anak di Desa, Polisi Ini Bangun Perpustakaan

Peletakan batu oleh Kapolsek Ngapa, Ipda Adianto SH

KOLAKA UTARA, SULAWESINEWS.COM – Apa yang dilakukan anggota polisi yang bernama Aminuddin ini, patut diapresiasi. Pasalnya, demi kemajuan pendidikan anak-anak di desa, Polisi yang bertugas sebagai Bhabinkamtibmas Desa Nimbuneha Kecamatan Ngapa, Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara, membangun perpustakaan.

Pembangunan perpustakaan tersebut dimulai pada hari Selasa (5/12/2017), dengan peletakan batu oleh Kapolsek Ngapa, Ipda Adianto SH.

Polisi yang berpangkat Brigadir (Brigpol) ini, apa yang dilakukannya itu atas keprihatinan dengan sarana dan prasarana yang ada di Madrasah Ibtidaiyah Swasta, yang terletak di Desa itu.

Hal itu dikarenakan Brigadir Aminuddin, tak jarang meluangan waktu di tengah kesibukannya berbagi ilmu untuk anak-anak di desa itu sebagai guru bantu.

“Pertama kali saya memberi mata pelajaran di sekolah ini, saya sangat prihatin dan sedih melihat semangat belajar mereka yang sangat luar biasa. Tapi tidak didukung dengan fasilitas yang memadai seperti buku bacaan,” kata Aminuddin, kepada Sulawesinews.com, Selasa (5/12/2017).

Tiap hari harus berjalan kaki naik-turun gunung menuju ke sekolah, kata Aminuddin. Bahkan, terkadang diguyur hujan di jalan tapi mereka tetap ke sekolah. “Semangat belajar anak-anak inilah, yang membuat saya termotivasi untuk membangunkan mereka rumah baca,” sambungnya.

Baca Juga:  Karena Sebut Orang Bugis Perompak, Mahathir Dilapor Polisi

Pembangunan Perpustakaan di Desa Nimbuneha, Kecamatan Ngapa, Kolaka Utara. [Foto : Andi Momang]

“Niat ini, saya sampaikan ke Kepala Desa dan tokoh masyarakat, serta pimpinan saya bapak Ipda Adianto (Kapolsek Ngapa), Alhamdulillah mendapatkan respon yang sangat luar biasa,” ujarnya.

Diakuinya, Kepala Desa Nimbuneha Andi Amir Hamza, dan tokoh masyarakat menyiapkan lokasi. “Dan hari ini apa yang menjadi impian saya, mulai terwujud dengan dimulainya pembangunan perpustakaan dengan peletakan batu pertama oleh pimpinan saya. Mudah-mudahan perpustakaan ini bisa dipergunakan bulan Desember ini sebagai penutup tahun 2017 dan menjadi pembuka tahun 2018,” lanjut Aminuddin.

Untuk pengadaan buku nantinya di perpustakaan itu, kata Aminuddin, sebagian akan dibelinya sendiri dan sebagiannya lagi, akan dia usahakan melalui perpustakaan Kabupaten.

Baca Juga:  Penanganan Kasus di Desa Beringin, Dikeluhkan

“Sementara ini saya lagi menyiapkan proposal untuk mengajukan bantuan buku bacaan untuk anak – anak di perpustakaan yang ada di Kabupaten,” tutupnya.

Sementara itu, Kapolsek Ngapa, Ipda Adianto yang ditemui sesaat setelah melakukan peletakan batu pertama, dirinya mengaku sangat mengaspresiasi apa yang dilakukan anggotanya itu.

Bahkan kata dia, setiap hari dirinya selalu menyampaikan kepada seluruh Bhabinkamtibmas Polsek Ngapa, bahwa tugas di Desa harus kreatif dan menjalin komunikasi dengan para kepala desa. Sehingga apa yang menjadi kebutuhan di masyarakat, bisa diwujudkan bersama-sama.

“Karena komunikasi yang terjalin antara Bhabinkamtibmas dan Pemerintah Desa beserta masyarakat Nimbuneha, sehingga pembangunan perpustakaan ini bisa diwujudkan untuk anak-anak di desa ini. Dan ini yang pertama di Kabupaten Kolaka Utara, ada perpustakaan dibangun di atas pergunungan mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi anak-anak desa ini,” jelas Kapolsek.

Sekadar informasi, usai peletakan batu pertama untuk pembangunan perpustakaan itu, Kapolsek Ngapa kemudian meninjau pembangunan rabat beton yang sementara dikerjakan di desa itu.

Reporter : Andi Momang
Editor : Yusdi Muliady

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top