Edukasi

Pemda Kolut Akan Berikan Beasiswa ke Perguruan Tinggi Bagi Siswa Berprestasi

KOLAKA UTARA, SULAWESINEWS.COM – Guna mensupport para pelajar berprestasi di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Sulawesi Tenggara (Sultra), Pemerintah Daerah (Pemda) setempat akan menggelontorkan beasiswa lanjut studi ke tingkat Perguruan Tinggi (PT).

Penjaringan ini rencananya dimulai berlaku pada tahun ajaran penerimaan mahasiswa baru tahun mendatang.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kolut, Hasanuddin kepada awak media mengungkapkan jika program di aspek pendidikan Bupati dan Wabup Nur Rahman Umar-H. Abbas tersebut hanya untuk beasiswa lanjut studi di PT dalam negeri.

Siswa yang terjaring kategori tersebut ditinjau dari segi hasil Grade Point Average (GPA) atau Indeks Prestasi Kumulatif (IPK).

“Saya lupa kuotanya berapa untuk tahun ajaran baru ini. Yang jelas kita akan lihat siapa-siapa saja siswa lulusan dengan IPK terbaik,” ujar Hasanuddin.

Baca Juga:  Raih Sejumlah Prestasi, SMKN 1 Lambandia Bersyukur

Bagi siswa yang telah terjaring beasiswa lanjut studi tersebut tentu harus mempertahankan IPK-nya selama menuntut ilmu di PT atau dihentikan beasiswanya jika mengalami kemunduran prestasi. Hal ini berbeda sebelumnya dengan program beasiswa yang diteken secara kontrak per empat tahun di Unisula.

Sementara itu, untuk beasiswa lanjut studi juga ada dan telah berjalan berupa program dokter ke Cina. Namun, untuk saat ini masih sebatas dua orang. Bagi para putra-putri di Kolut diharapkan bisa berlomba dalam hal prestasi di sekolah masing-masing agar bisa terjaring beasiswa tersebut.

Seleksi tersebut diharapkan benar-benar rill sesuai dengan pencapaian kemampuannya tanpa melihat dari segi aspek lain.

 

Baca Juga:  Libur Tahun Baru, Wisatawan Serbu Pantai Berova

“Siapapun itu, selagi memenuhi syarat nilai IPK yang bagus harus diberi beasiswa agar bisa melanjutkan studi ke PT,” pungkasnya. [Andi Momang]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top