Politik

Sah, Agusdin Duduki Kursi Ketua DPRD Kolaka Utara

KOLAKA UTARA, SULAWESINEWS.COM – Setelah mendapatkan rekomendasi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) untuk menduduki ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kolaka Utara (Kolut), Sulawesi Tenggara (Sultra) Agusdin S.Kom, resmi menggantikan Almarhum H.Musakkir Sarira S.Sos yang meninggal dunia.

Hal tersebut setelah digelar rapat Paripurna Istimewa pengambilan sumpah, peresmian pemberhentian dan pengangkatan Pergantian Antar Waktu (PAW) Ketua dan Anggota DPRD Kolaka Utara, di gedung DPRD Kolaka Utara, Senin (15/1/2018).

Pengambilan sumpah dan janji Agusdin ini dihadiri langsung oleh Bupati Kolut, Nur Rahman Umar, Kapolres Kolaka Utara AKBP Bambang Satriawan, serta unsur Muspida.

Pengambilan sumpah jabatan dipimpin  oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Kolaka Endi Nur Cahayo Saputro.

Nur Rahman Umar dalam sambutanya mengungkapkan, pelantikan ketua DPRD itu menjadi momentum yang ditunggu-tunggu. Sebab tanpa pimpinan DPRD dan seluruh kelengkapanya, maka segala proses regulasi yang dilakukan akan berjalan stagnan.

Baca Juga:  Jelang Natal dan Tahun Baru, Kapolres Bersama Wabup Kolut Pantau Pos Pam

“Kelengkapan DPRD ini sangat penting. Sebab mungkin ada kebutuhan regulasi yang mendesak maka keberdaan Ketua dan kelengkapanya sangat penting untuk memutuskan sebuah keputusan,” kata Nur Rahman dalam sambutannya.

Selain itu, kata Nur Rahman, berdasarkan undang-undang, keberadaan DPRD berkedudukan sebagai unsur penyelenggaraan pemerintah daerah yang bertanggungjawab menjalankan fungsi legislasi, anggaran dan fungsi pengawasan.

“Keberadaan DPRD diharapkan mampu mendukung dan bersinergi dengan Pemerintah Daerah dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dan swasta melalui program kemitraan dan pembagunan yang bermuara pada peningkatan kesejateraan masyarakat,” jelasnya.

Sementarta itu, usai diambil sumpahnya, Agusdin mengatakan, di sisa masa jabatan sebagai anggota legislatif akan mendukung penuh program ekonomi kerakyatan melalui revitalisasi kakao yang telah digalakkan oleh Pemda Kolut, sebab itu sejalan dengan visi-misinya saat mencalonkan diri sebagai anggota legislatif di Kolut empat tahun lalu.

Baca Juga:  Cakades Protes Wajib Pilih, Pilkades di Kolut Nyaris Ricuh

“Dimasa kampanye empat tahun yang lalu ketika akan maju sebagai calon anggota legislatif, di hadapan masyarakat saya selalu mengungkapkan Kolut ini dikenal dengan lahan perkebunan dan pertanian yang subur. Kakao merupakan salah satu komoditi perkebunan dimasa jaya membuat banyak orang Kolut jaya” ujar Agusdin.

Menurutnya, program revitalisasi kakao akan membawa kesejahteraan pada masyarakat. Sehingga semua elemen harus mendukung program revitalisasi kakao ini demi mengembalikan kejayaan Kolaka Utara dalam sektor perkebunan dan pertanian.

Selain itu, Agusdin juga menyerahkan bantuan pendidikan untuk  anak almarhum Musakkir Sarira.

“Selama saya masih duduk di DPRD Kolaka Utara mewakili PDIP, saya akan tetap membantu pendidikan anak-anak kakanda saya almarhum Musakkir Sarira agar mereka bisa melanjutkan pendidikan untuk mengapai cita-cita demi masa depanya,” tutur pria kelahiran Kabupaten Bone 1 Agustus 1985 ini.

Penulis : Andi Momang
Editor : Yusdi Muliady
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top