Hukum & Kriminal

Legalitas Tidak Lengkap, Tambang Nikel Ilegal di Kolaka Utara Akhirnya Disegel

Tambang Nikel Ilegal di Kolaka Utara Akhirnya Disegel

KOLAKA UTARA, SULAWESINEWS.COM – Aktivitas pertambangan yang dilakukan selama ini oleh PT Mulia Makmur Perkasa (MMP) bersama PT Celindo Nickel di Kecamatan Tolala Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) Sulawesi Tenggara (Sultra) ternyata secara ilegal.

Hal itu terbukti setelah dilakukan pemberhentian dan pemasangan garis line oleh pihak Inspektur Tambang Dinas ESDM Sultra, Sabtu (24/2/2018).

Pantauan Sulawesinews.com, Inspektur Tambang Dinas ESDM Sultra, Yusran N ST, turun di lokasi tersebut didampingi oleh Kepala Dinas Perizinan dan Penanaman Modal Kolaka Utara, Drs Saiful Razak.

PT Mulia Makmur Perkasa (MMP) dan PT Celindo Nickel, adalah perusahaan tambang yang bergerak sebagai penyuplai material nickel (ore). Selain legalitas atau izin perusahan tambang nikel itu belum lengkap, juga tidak memiliki kepala teknik tambang (KTT).

Baca Juga:  Sah, Agusdin Duduki Kursi Ketua DPRD Kolaka Utara

“Mereka belum memiliki baik KTT maupun Rencana Kerja Anggaran Belanja (RKAB) dan jaminan reklamasi,” ujar Inspektur Tambang (IT) Dinas ESDM Sultra, Yusran N ST, Sabtu (24/2/2018).

Oleh sebab itu, Yusran berpesan kepada pihak perusahaan tambang tersebut agar segera melengkapi dokumen dan persyaratan yang sesuai dengan perundang-undangan.

“Saya berharap kepada pihak PT MMP dan PT Celindo Nickel agar selama penyegelan (pemberhentian) ini jangan lagi ada aktivitas di lokasi ini. Dan apabila beraktivitas, saya berharap kepada aparat kepolisian untuk segera melakukan tindakan hukum,” tutup Yusran.

Sementara itu, Kepala Dinas Perizinan dan Penanaman Modal, Kolaka Utara, Drs Saiful Razak berharap agar pihak perusahan mematuhi aturan dan tidak lagi melakukan aktivitas sebelum mereka memenuhi persyaratan atau memiliki legalitas resmi.

Baca Juga:  2 Tahun Jadi Buronan, DPO Curnak Diciduk Polisi

“Kepada penegak hukum apabila terjadi kembali aktivitas sebelum mereka memiliki dokumen lengkap, jangan sungkan untuk segera melakukan tindakan penertiban,” ujar Saiful.

Pemasangan garis line yang dilakukan oleh inspektur pertambangan di dua lokasi ini, mendapat penjagaan ketat dari aparat Kepolisian Polres Kolaka Utara.

Penulis : Andi Momang
Editor : Yusdi Muliady
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top