Hukum & Kriminal

Hendak Besuk Pasien di Puskesmas, Anggota TNI di Kolaka Utara Malah Ringkus Pengedar Narkoba

Kopda Sabri (yang berdiri), Berhasil Meringkus Tersangka Penyalahgunaan Narkoba.

KOLAKA UTARA, SULAWESINEWS.COM – Sabri, seorang anggota TNI yang berpangkat Kopral Dua (Kopda) di Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra), patut diacungkan jempol.

Bagaimana tidak, Kopda Sabri yang bertugas sebagai Bintara Pembina Desa (Babinsa) berhasil meringkus tersangka penyalahgunaan narkoba di Desa Lawolatu, Kecamatan Ngapa, Kolaka Utara, Rabu (30/1/2019) sekitar pukul 17.30 Wita.

Ceritanya, sebelum penangkapan tersebut, Kopda Sabri bermaksud hendak ke Puskesmas Ngapa, untuk membesuk salah seorang warga yang lagi menjalani perawatan medis akibat kecelakaan lalu lintas.

Dalam perjalanan, Sabri melihat dua orang yang mencurigakan di jalan setapak. Sabri pun menghentikan laju kendaraannya dan langsung menegur kepada orang tersebut.

“Lewat jalan pintas supaya cepat, kebetulan saya liat langsung ada orang yang diduga sedang transaksi narkoba. Saya langsung teriaki suruh berhenti,” ungkap Kopda Sabri.

Baca Juga:  Sopir Angkutan di Bone Ditangkap Polisi, Ini Masalahnya

Namun saat ditegur (diteriaki), kata dia, para tersangka malah memilih langkah seribu ke arah kebun kakao. Di saat itu pula, Sabri mengaku melihat dengan jelas bungkusan berupa saset yang diduga sabu dipegang oleh salah seorang dari tersangka.

Karena tidak mau kehilangan tersangka beserta barang bukti, anggota Babinsa Koramil 1412-05/Pakue tersebut, mengejar para tersangka dan berhasil menangkap salah seorang yang diketahui bernama Ayyun. Ayyun diduga adalah pengedar narkoba. Sementara tersangka lainnya yang diketahui bernama Olleng, berhasil lolos.

“Kemudian tersangka lari, makanya saya kejar. Dan Alhamdulillah, pengedar tersebut saya berhasil meringkusnya,” jelasnya.

Barang Bukti Yang Diamankan

Dalam penangkapan itu, disebutkan Sabri, barang bukti yang berhasil diamankan, yakni, enam bungkusan saset plastik yang berisi sabu. Empat saset kosong yang diduga bekas sabu. Uang tunai senilai Rp 432.000. Satu unit HP Nokia, dua unit sepeda motor serta satu bungkus rokok merek Surya.

Baca Juga:  Lagi Asyik Pesta Miras, Empat Pemuda di Sinjai Diamankan Polisi

Setelah ditangkap, tersangka kemudian diamankan di rumah warga. Kopda Sabri kemudian berkoordisi dengan pihak Koramil dan Kepolisian guna proses hukum lebih lanjut kepada tersangka penyalahgunaan narkoba itu.

Kapolsek Ngapa Ipda Adianto SH, yang dikonfirmasi membenarkan penangkapan tersangka narkoba tersebut. Hanya saja, kata dia, dirinya tidak bisa berkomentar banyak, karena bukanlah jajaran Polsek yang melakukan penangkapan.

“Iya benar ada penangkapan. Tapi saya tidak bisa berkomentar terlalu jauh, karena saya tidak tau kronologisnya dan bukan juga anggota Polsek yang melakukan penangkapan. Tersangka diserahkan langsung ke Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Kolaka Utara,” ujar Ipda Adianto via telepon selular kepada Sulawesinews.com, Kamis (31/1/2019).

ALI MUHAMMAD

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

COPYRIGHT © 2015 - 2019 - PT SULAWESI MULTIMEDIA GRUP

To Top
error: Maaf hargai karya orang lain. Kalau mau copy artikel, hub admin