Advertorial

Pemkab Sinjai Gelar Rembug Anak, Ini Tujuannya

SINJAI, SULAWESINEWS.COM – Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar Rembug Anak di Musrembang Anak tahun 2019 yang difasilitasi oleh Forum Anak Kabupaten Sinjai.

Acara ini berlangsung di ruang pola kantor Bupati Sinjai, Senin (18/3/2019).

Peserta musrembang terdiri atas 12 kelompok. Sembilan kelompok berasal dari perwakilan masing-masing kecamatan yang ada di Kabupaten Sinjai. Tiga kelompok masing-masing berasal dari perwakilan Forum Anak Kabupaten, Forum Non Formal dan satu kelompok berasal dari penyandang distabilitas.

Zainal Abidin Ridwan selaku Ketua Forum Anak dan fasilitator pada acara ini menyampaikan bahwa terdapat sekitar 20 orang fasilitator yang mengawal kegiatan tersebut.

“Rembug ini dihadiri oleh 12 Kelompok yang terdiri dari Kelompok Kecamatan Sinjai Utara, Kelompok Kecamatan Sinjai Tengah, Kelompok Kec. Sinjai Timur, Kelompok Sinjai Selatan, Kelompok Kec. Sinjai Borong, Kelompok Kec. Pulau Sembilan, Kelompok Kec. Sinjai Barat, Kelompok Kec. Tellulimpoe, Kelompok Kec. Bulupoddo, Kelompok Non Formal, Kelompok Disabilitas dan Kelompok Forum Anak Kabupaten Sinjai yang bertujuan untuk mencari permasalahan yang dihadapi anak, misalnya akses yang susah untuk ke sekolah, fasilitas sekolah yang rusak, mendapat kesulitan untuk yang mengejar paket,” ungkap Zainal Abidin Ridwan, selaku fasilitator.

Baca Juga:  Pemkab Sinjai Gelar Sosialisasi Penyusunan Roadmap Sistem Merit Manajemen ASN

Tiap kelompok anak per kecamatan mengadakan rembug untuk mengetahui apa-apa permasalahan yang terjadi pada mereka.Setiap kelompok kecamatan saling memberi masukan tentang apa yang kurang di sekolah mereka, misalnya adanya sarana dan prasarana yang kurang memadai.

Setiap kelompok yang berjumlah minimal 5 orang anak perwakilan dari berbagai sekolah membahas satu sama lain masalah-masalah yang dihadapi terkait dengan kesejahteraan anak.

Ada sekitar 10 Hak Anak yang menjadi acuan dalam kegiatan sharing tersebut. Yaitu ;

1. Hak Untuk Bermain

2. Hak Untuk Mendapatkan Pendidikan

3. Hak Untuk Mendapatkan Perlindungan

4. Hak Untuk Mendapatkan Identitas

5. Hak Untuk Mendapatkan Status Kebangsaan

6. Hak Untuk Mendapatkan Makanan

Baca Juga:  Terkait Pemilu 2019, Ketua DPRD Sinjai Hadiri Rapat Koordinasi Kewaspadaan

7. Hak Untuk Mendapatkan Kesehatan

8. Hak Untuk Mendapatkan Rekreasi

9. Hak Untuk Mendapatkan Kesamaan

10. Hak Untuk Memiliki Peran Dalam Pembangunan.

Diketahui bersama, masih banyak hak-hak anak yang terlupakan atau tidak terpenuhi sebagaimana mestinya.

Maka Musrembang Anak ini, bertujuan menampung permasalahan atau keluhan yang nantinya akan dicarikan solusi sebagai tugas bersama dalam meningkatkan kesejahteraan anak di Kabupaten Sinjai.

Kegiatan ini diawali dengan diskusi-diskusi dan sharing sesama peserta kelompok. Hasil dari rembukan tersebut nantinya akan diajukan kepada Pemerintah Daerah dalam Musrenbang Anak 2019 yang akan berlangsung hari ini (Adv)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

COPYRIGHT © 2015 - 2019 - PT SULAWESI MULTIMEDIA GRUP

To Top