Ragam

Warga yang Tidak Terdaftar Sebagai Pemilih Bisa Memberikan Hak Suara

SINJAI, SULAWESINEWS.COM – Komisi II DPR RI telah melakukan rapat bersama Bawaslu, KPU dan Mendagri dan telah menyepakati bahwa penduduk yang tildak terdaftar sebagai pemilih tetap bisa memberikan hak suara hanya dengan memperlihatkan KTP elektrik ditempat domisili yang bersangkutan.

Hal tersebut disampaikan Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sinjai, Drs. Akmal saat memimpin apel gabungan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai, sebagai persiapan Kabupaten Sinjai dalam menghadapi Pemilihan umum 17 April tahun 2019, berlangsung di halaman Kantor Bupati Sinjai, Senin (25/3/2019) pagi.

Akmal juga menyampaikan bahwa Mendagri bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan melakukan kerja sama bahwa nomor induk siswa nasional, akan diganti dengan nomor induk kependudukan, dan akan diberlakukan tahun ini.

Baca Juga:  Terjebak di Sungai Saat Mencari Ikan, Warga Sinjai Selatan Belum Ditemukan

Gunanya, kata Akmal, agar setiap penduduk wajib belajar 9 tahun bisa dideteksi bila ada putus sekolah.

“Ketika ditemukan anak putus sekolah kita akan interview terkait sebab sehingga putus sekolah, manakala alasannya karena persoalan keuangan maka pemerintah daerah harus menanggung sesuai pernyataan Mendikbud dan ketika keuangan daerah tidak mampu maka pemerintah daerah disarankan mengajukan proposal ke pusat,” jelasnya

Akmal juga menegaskan bahwa semua penduduk yang ingin merubah data, khususnya tanggal kelahiran harus melalui Keputusan Penetapan Pengadilan Negeri.

MALIK

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

COPYRIGHT © 2015 - 2019 - PT SULAWESI MULTIMEDIA GRUP

To Top
error: Maaf hargai karya orang lain. Kalau mau copy artikel, hubungi admin Redaksi