17 Tempat Wisata Indonesia yang Mendunia

Sulawesinews.com – Sebagai negara tropis, kepulauan, dan cincin api, Indonesia tidak hanya dikaruniai kekayaan alam tetapi juga pemandangan alam yang sangat indah.Keindahan wisata alam inilah yang membuat banyak orang asing atau turis asing datang ke sampai jauh ke pelosok Indonesia, bahkan sebelum tempat-tempat wisata itu di promosikan secara masal.

Advertisement

Setiap pulau di Indonesia memiliki tempat wisata tersendiri, tergantung dari kondisi geografis dan budaya daerah tersebut.

 

Di bawah ini adalah beberapa tempat wisata Indonesia yang telah mendunia kepopulerannya.

Advertisement

 

1. Gua Jomblang

Wisata Gua Jomblang
Wisata Gua Jomblang

Advertisement

Gua Jomblang adalah salah satu objek wisata ikonik yang terletak di daerah Jawa Tengah. Pada wisata ini, Anda akan diajak turun ke dalam perut bumi di kedalaman 80 meter. Turunannya kedalam gua nya pun sangat sulit. Anda turun bukan melalui anak tangga, tetapi hanya dengan memakai teknik tali tunggal dengan memakai peralatan keamanan diri lengkap layaknya pendaki gunung.  Tidak hanya itu, yang membuat tempat ini terkenal di dunia adalah masuk dan keluarnya sinar matahari melalui celah-celah dan lubang-lubang di dalam gua, sehingga menciptakan keindahan alam yang sangat menakjubkan.

 

2. Candi Borobudur

Kemegahan dan sejarah Candi Borobudur telah dikenal dunia sejak lama. UNESCO pun menetapkan Borobudur sebagai Situs Warisan Dunia pada tahun 1991. Anda bisa mengunjungi Borobudur sebelum fajar untuk melihat sisi lain keindahan Candi Borobudur.

 

3. Candi Prambanan

Sama seperti Candi Borobudur, tingginya nilai sejarah dan arsitekturnya menjadikan Candi Prambanan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1991. Anda juga bisa melihat pertunjukan pagelaran Sendratari Ramayana oleh masyarakat setempat.

 

4. Kawah Ijen

Wisata Kawah Ijen
Wisata Kawah Ijen

Pindah ke Jawa Timur, Kawah yang terletak di Banyuwangi ini merupakan objek wisata yang terkenal di dunia. Selain keindahan kawahnya, kawah Ijen dikenal dengan fenomena alam api biru yang hanya bisa dilihat pada malam hari. Hanya ada dua fenomena api biru di dunia, yaitu di negara Islandia dan Indonesia.

 

5. Gunung Bromo

Wisata Gunung Bromo
Wisata Gunung Bromo

Negeri di atas awan mungkin ungkapan yang tepat untuk menggambarkan pemandangan Bromo. Anda tidak hanya bisa melihat keagungan gunung bromo dari tempat yang tinggi, tetapi Anda juga bisa melihat keindahan dan keajaiban Kawah Bromo yang terkenal itu.

 

6. Air Terjun Tumpak Sewu

Air Terjun Tumpak Sewu di sebut-sebut sebagai Air Terjun Niagara di Jawa Timur. Air Terjun ini menjadi terkenal berkat berkat Instagram, dimana banyak orang yang mengunggah video keindahan air terjun ini dari berbagai sudut pandang pada media sosial.

 

7. Green Canyon Cukang Taneuh

Wisata Green Canyon Cukang Taneuh
Wisata Green Canyon Cukang Taneuh

Terletak di Pangandaran, Jawa Barat, Cukang Taneuh dikenal sebagai Grand Canyon-nya Indonesia. Di sini Anda bisa menikmati keindahan sungai yang berkelok-kelok dan bebatuan karang dengan vegetasi hijau yang lebat sambil melakukan body rafting.

Advertisement

 

8. Ubud

Wisata Ubud
Wisata Ubud

Kawasan Ubud disebut sebagai Jantung Bali, Ubud dikenal di seluruh dunia karena kekayaan seni, sejarah, dan keindahan alamnya. Selain itu, ada banyak destinasi wisata alam yang Anda bisa dapatkan jika menjelajahi Ubud.

 

9. Taman Nasional Bali Barat

Taman Nasional Bali Barat memiliki beberapa jenis hutan, sabana dan pantai. Keindahan Taman Bali Barat patut untuk dijelajahi baik darat maupun laut, termasuk Pulau Menjangan.

 

10. Labuan Bajo

Labuan Bajo adalah rumah bagi Taman Nasional Komodo, yang telah lama popular di seluruh dunia. Labuan Bajo sendiri memiliki objek wisata lain yang tak kalah menarik, seperti Gua Batu Cermin, Air Terjun Cunca Wulang, Wae Rebo, Sawah Lingko, Gua Ranko, Pulau Padar, Pantai Pink dan Pulau Komodo.

 

11. Sumba

Wisata Sumba
Wisata Sumba

Sumba memiliki segudang objek wisata alam yang sangat terkenal di dunia. Mulai dari Weekuri Lagoon, desa adat, Pantai Bawana, Air Terjun Waimarang, Air Terjun Tanggedu, Air Terjun Matayangu, Reruntuhan Purba Situs Kuno, Pantai Walakiri, Air Terjun Kanabu Wai, Bukit Wairinding hingga Nihiwatu.Anda pasti akan merasa kekurangan waktu jika ingin menjelajahi semua tempat wisata di Sumba yang sangat eksotis.

 

12. Tangkahan Eco Park

Tangkahan Eco Park adalah bagian dari kawasan Taman Nasional Gunung Lauser. Ketenarannya di seluruh dunia oleh para wisatawan asing disebut sebagai ‘The Hidden Paradise of Sumatera’. Di sini Anda dapat melihat tempat penangkaran Gajah berkembang biak dan bermain di alam yang eksotis.

 

Baca Juga : Cara Mengobati Sakit Tenggorokan Akibat Omicron

 

13. Danau Toba

Danau Toba adalah sebuah danau yang terbentuk dari hasil erupsi gunung berapi ini menjadi simbol pariwisata di Sumatera. Ini adalah danau alami di dataran tinggi dengan pulau vulkanik, Pulau Samosir tepat di tenga danaunya.

 

14. Taman Nasional Gunung Leuser

UNESCO mendaftarkan Taman Nasional Gunung Leuser sebagai Situs Warisan Dunia pada tahun 2004. Di taman nasional ini, Anda dapat melihat berbagai mnacam flora dan fauna seperti gajah sumatera, orangutan, gajah sumatera, dan harimau sumatera, dan banyak kegiatan alam lainnya.

 

15. Derawan

Wisata Pulau Derawan
Wisata Pulau Derawan

Salah satu destinasi global Derawan yang unik adalah ubur-ubur air tawar di Pulau Kakaban. Ada juga Danau Labuan Cermin, di mana Anda bisa menyelam untuk melihat Hiu Paus (Whale Shark). Destinasi wisata yang sangat layak untuk di kunjungi karena banyak pulau-pulau kecil yang sangat indah di sekitar Derawan – yang bisa Anda kunjungi dengan menaiki kapal kecil.

 

16. Wakatobi

Destinasi wisata paling ikonik di Sulawesi ini terkenal dengan keindahan bawah laut dan biota lautnya. Nama Wakatobi berasal dari nama gugusan empat pulau: Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko.

 

17. Raja Ampat

Raja Ampat merupakan tempat wisata terakhir dalam daftar tempat wisata Indonesia yang mendunia. Ada lima destinasi wisata yang terkenal di Raja Ampat, yaitu: Pianemo, Telaga Bintang, Wayag, Manta Point (Misool) dan Puncak Harfat.

 

Itulah 17 Tempat Wisata Indonesia yang Mendunia. Jika Anda ingin mengunjunginya bersama keluarga, Anda bisa melakukan wisata secara mandiri atau ikut dalam program Tour pada Jasa Travelling. Selamat Bertualang.***

Advertisement

✅REKOMENDED:  20 Kata-Kata Inspiratif Tentang Hidup