Peristiwa

Rumah Kepala SDN 1 Lametuna, Ludes Dilalap Si Jago Merah

Kondisi mobil avanza milik korban yang ikut diamuk si jago merah (Foto: Asri Romansa)

KOLAKA UTARA, SULAWESINEWS.COM – Tidak ada yang tersisa kecuali pakaian yang lekat di badan dan sejumlah arsip yang sempat diselamatkan saat rumah Kepala Sekolah Dasar (SD) Negeri 1 Lametuna, Kecamatan Kodeoha, Kolaka Utara, Hj. Mulhaeri S.Pd, diamuk si jago merah, Minggu (23/4/2017) malam.

Keterangan seorang warga bernama Hasbi, menyebutkan kebakaran itu terjadi sekira pukul 23.00 wita “kobaran api yang melalap seluruh badan rumah beserta isinya, terjadi begitu cepat. Hanya dalam hitungan kurang dari 30 menit, rumah tersebut ludes terbakar. Bahkan 2 unit armada pemadam kebakaran yang tiba di lokasi, berusaha memadamkan sisa-sisa kobaran dan mencegah api merembet kerumah warga lainnya ” ujar Hasbi, ditemui di lokasi kejadian, Senin (24/4/2017).

Saat yang sama, pemilik rumah, H. Amiruddin menjelaskan “ketika kejadian, seisi rumah yang berjumlah 5 orang, dalam keadaan terlelap. Saya terbangun karena mau buang air kecil. Saya lihat kobaran api di ruang tengah sudah membesar. Sehingga kemungkinan untuk menyelamatkan harta benda sudah tidak sempat” ujar suami Hj. Mulhaeri ini.

Tampak sejumlah warga mengais puing-puing untuk mencari uang dan emas yang ikut terbakar. (Foto: Asri Romansa)

Sejumlah barang berharga, kata Amiruddin, seperti mobil Avanza warna hitam dengan nomor polisi DD 1439 ID, mesin poto copy 2 unit, 2 komputer dan 2 laptop, juga 6 handphone serta emas dan uang tunai sekira Rp 45 juta, semua ludes dilalap api” imbuh H. Amiruddin sambil menunjukkan sisa uang senilai Rp. 1 juta yang berhasil ditemukan pada puing-puing bangunan rumahnya.

Baca Juga:  Kapal Sedang Berlayar ke Kolaka, Megawati Lompat ke Laut

Sehubungan kejadian tersebut, Kapolsek Kodeoha, Inspektur Polisi satu (Iptu) Jamarin, dikonfirmasi via telepon menjelaskan “hasil penyelidikan penyebab kebakaran, diduga akibat arus pendek listrik. Tidak ada korban jiwa pada peristiwa tersebut.  Namun kerugian materil, ditaksir sekira Rp. 500 juta. Itu hasil penyelidikan sementara” tegas Jamarin dari ujung telepon.

Sementara itu, Kepala Desa Lametuna, Kecamatan Kodeoha, Kolaka Utara, Hasmil, menjelaskan, “sementara ini saya kordinasi dengan pihak Dinas Sosial, agar warga yang terkena musibah kebakaran semalam, bisa mendapat bantuan. Cuma itu yang bisa saya lakukan, soalnya saya dalam perjalanan untuk menghadiri Hari Ulang Tahun (HUT) Sulawesi Tenggara” Kata Hasmil yang dihubungi melalui handphone selulernya.

Baca Juga:  Lompat dari Kapal, Megawati Belum Ditemukan, Tim SAR Perluas Area Pencarian

Hingga berita diturunkan, korban musibah masih menempati salah satu rumah keluarganya yang tak jauh dari lokasi kebakaran. Selain sejumlah arsip, hanya pakaian di badan dan satu unit mobil open kap Mega Carry dengan nomor polisi A. 8179 ZA yang terselamatkan.

ASRI ROMANSA

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

COPYRIGHT © 2015 - 2019 - PT SULAWESI MULTIMEDIA GRUP

To Top
error: Maaf hargai karya orang lain. Kalau mau copy artikel, hub admin