Akhirnya Dana BOS Dicairkan Hari ini, Sekolah Bisa Bayar Utang

Akhirnya Dana BOS Dicairkan Hari ini, Sekolah Bisa Bayar Utang

Kamis, 27 April 2017,

KOLAKA UTARA, SULAWESINEWS.COM – Setelah menunggu cukup lama, akhirnya dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tri wulan pertama (Januari-Maret), untuk Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara dijadwalkan cair hari ini, Kamis (27/4/2017).

Keterangan Kepala Seksi kelembagaan sarana dan prasana, Jayadin Karta, S.Pd, menyebutkan jika pencairan dana BOS untuk tri wulan pertama sebesar 20% hari ini, perlu dipercepat.

“Hal itu dikarenakan pencairan tri wulan kedua akan direalisasikan pada bulan Mei mendatang. Rentang waktu pencairan antara tahap pertama dan tahap dua, memang sangat singkat sehingga kita dikejar waktu untuk menyelesaikan laporan administrasi,” ujar Jayadin yang ditemui, Kamis (27/4/2017)

Terpisah, beberapa kepala sekolah yang dikonfirmasi terkait hal ini, mengaku lega setelah sekian lama menunggu pencairan dana tersebut. Meski pencairan tahap pertama ini hanya untuk menutupi piutang karena anggaran itu sudah digunakan terlebih dahulu dengan cara meminjam.

“Itu terpaksa kita lakukan untuk menutupi sejumlah kebutuhan sekolah. Apalagi kegiatan proses belajar mengajar di tahun 2017, frekuensinya sedikit meningkat dengan adanya pelaksanaan ujian,” tutur Kepala SD Negeri 2 Lapai, Hj. Suaebah.

Asri Romansa

TerPopuler