Dugaan Korupsi Desa Beringin, Giliran Sekdes Akan Dipanggil?

Dugaan Korupsi Desa Beringin, Giliran Sekdes Akan Dipanggil?

Minggu, 23 April 2017,

KOLAKA UTARA, SULAWESINEWS.COM – Bendahara Desa Beringin, H. Baharuddin dan Ketua BPD, H. Andi Olle, memenuhi panggilan penyidik tindak pidana korupsi (tipikor) Polres Kolaka Utara, sabtu kemarin (22/4/2017).

Kedua aparatur Desa Beringin, Kecamatan Ngapa, Kabupaten Kolaka Utara Sulawesi Tenggara ini dipanggil untuk dimintai keterangan dan sejumlah dokumen, terkait dugaan korupsi ADD 2013-2016 dan Dana Desa (DD) 2015-2016.

Selain keduanya, juga tetlihat kepala dusun 4 dan sekertaris desa, Ahmad Masykur, turut pula hadir di Polres. Namun keterangan Ahmad Masykur menyebutkan dirinya hanya sekedar  menemani Ketua BPD.

“Setelah ketua BPD dan bendahara Desa Beringin dipanggil penyidik untuk dimintai keterangan, saya pun siap jika ikut dipanggil nantinya. Saya akan mengungkap semua sesuai fakta yang terjadi selama ini. ujar Ahmad Masykur

Sudah lama saya curiga kata Ahmad Masykur, ada beberapa dokumen dengan tanda tangan dan stempel yang di duga palsu. Selain itu, beberapa jenis pengadaan juga diduga fiktif atau dimark up. Imbuh nya.

Sementara itu, penyidik tipikor, Brigadir Abdul Kamal, SH yang dikonfirmasi via telepon terkait kasus tersebut, belum bisa memberikan keterangan, karena masih dalam proses penyelidikan. “Silahkan diikuti saja dulu, pada saatnya nanti kami akan memberi keterangan. Sebab saat ini kami masih mengumpulkan bukti dan memeriksa para saksi” tuturnya di ujung telepon.

Sebelumnya diketahui, Kepala Desa Beringin, Asis, telah dihearing di DPRD Kolaka Utara pekan lalu. Asis bahkan di ultimatum untuk segera menuntaskan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) atau mengembalikan anggaran sekira Rp. 400 juta.

“Kami sudah perintahkan agar anggaran tersebut dikembalikan ke kas desa dan secepatnya menyelesaikan LPJ nya. Jika tidak, masalah ini akan kami rekomendasikan ke Kejaksaan” kata Ansar, Ketua Komisi I DPRD Kolut. Yang dikonfirmasi sepekan lalu.

ASRI ROMANSA

TerPopuler