Pelayanan PDAM Kolaka Utara Dikeluhkan Warga

Pelayanan PDAM Kolaka Utara Dikeluhkan Warga

Minggu, 23 April 2017,

KOLAKA UTARA, SULAWESINEWS.COM – Musim hujan tahun ini memunculkan sejumlah masalah di masyarakat terkait suplay air bersih. Pembenahan pengolahan air oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kolaka Utara Sulawesi Tenggara secara berkelanjutan, tampaknya belum mampu mengurai semua persoalan yang terjadi di masyarakat. Apalagi cakupan wilayah kerja perusahaan ini terbilang cukup luas, terbentang dari ujung utara ke selatan.

Keluhan masyarakat Kecamatan Ngapa yang mencuat dalam satu pekan terakhir ini, adalah keruhnya suplay air di luar ambang batas toleransi. Sehingga jangankan untuk di minum, digunakan mencuci atau mandi pun sudah tidak layak.

“Kalau musim hujan begini, air PDAM tidak bisa digunakan karena sangat keruh. Masalahnya, pengolahan air yang ada di titik penampungan tidak melalui proses filter. Jadi apa yang ada dipenampungan, itu juga yang langsung mengalir di masyarakat” ujar Andi Indra, salah satu warga Lapai.

Hal senada juga dikatakan oleh Tajuddin, warga Desa Kosali Kecamatan Pakue. “Sudah beberapa pekan ini, air PDAM tidak bisa digunakan sama sekali karena keruh” kata Tajuddin yang ditemui kemarin, sabtu (22/4/2017)

Terpisah, salah seorang warga Desa Beringin Kecamatan Ngapa, mengeluhkan adanya bantuan meteran gratis dari Pemda Kolaka Utara, karena sampai saat ini belum juga mengalirkan air.

Sekaitan hal itu, Kepala PDAM Ibukota Kecamatan (IKK) Ngapa, Muliadi, belum berhasil dikonfirmasi, meski sudah beberapa kali kantornya disambangi. Bahkan telepon seluler miliknya hanya terdengar kalimat “nomor yang anda tuju sedang di alihkan. Silahkan coba beberapa saat lagi”

Di lokasi berbeda, sejumlah warga di Desa Lametuna Kecamatan Kodeoha, mengeluhkan soal adanya kerusakan instalasi jaringan air yang belum terbenahi sampai saat ini. Akibatnya, warga tidak lagi menikmati distribusi air bersih. Terpaksa mereka harus mencari sumber air yang lain untuk menutupi kebutuhan sehari hari.

ASRI ROMANSA

TerPopuler