Wisata

Kalendar Event Pariwisata Sulawesi Tengah Diluncurkan, Menteri Pariwisata : Sulteng Sudah Waktunya Menjadi Destinasi Kelas Dunia

Foto: Kementerian Pariwisata.

JAKARTA, SULAWESINEWS.COM – Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Longki Djanggola bersama Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, resmi meluncurkan Calendar of Event (CoE) Sulawesi Tengah 2018 ‘Bringing Central Celebes to The World’ di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta, Selasa (17/7/2018).

“Launching Calendar of Event Sulawesi Tengah 2018 ini bermakna mensukseskan berbagai event di Sulteng yang diadakan sepanjang tahun. Diharapkan event-event tersebut bisa meningkatkan kunjungan wisatawan, mendukung program Pesona Indonesia juga Wonderful Indonesia,” ujar Gubernur Sulteng Longki Djanggola dalam acara tersebut.

Sementara itu, Menteri Pariwisata Arief Yahya mengapresiasi Launching Calender of Event Sulawesi Tengah 2018 dalam rangka mempromosikan dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Sulteng.

Menurut Arief Yahya, Sulteng sudah waktunya berkembang menjadi destinasi kelas dunia yang didukung unsur 3A, yaitu Atraksi, Amenitas, dan Aksesibilitas.

Selain itu, dalam sambutannya Arief Yahya mengatakan, dua event Sulteng yang masuk Calendar of Event nasional 2018 perlu menjadi tolok ukur bagi 6 event regional lain untuk bisa masuk dan menjadi event yang bertaraf internasional.

Baca Juga:  Kopertis IX Sulawesi Bakal Gelar Deklarasi Anti Narkoba di Growth Centre

Tahun ini Sulteng ditargetkan sebanyak 3.825.000 wisatawan terdiri dari 75.000 kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dan 3.750.000 pergerakan wisatawan nusantara (wisnus).

Adapun delapan event unggulan Sulteng yang bisa disaksikan para wisatawan sebagai berikut:

1. Festival Pesona Palu Nomoni (FPPN) 2018
Event ini diselenggarakan pada 28 September hingga 3 Oktober 2018. Wisatawan dapat menyaksikan keunikan dari ritual adat penduduk Kota Palu.

2. Festival Pesona Lipuku 2018
Festival budaya ini berlangsung di Ampana, Kabupaten Tojo Una-Una pada 2 hingga 6 November 2018. Sejumlah kegiatan mulai dari fun bike, bela diri tradisional, foto keindahan laut Togean, road race, tari-tarian tradisional, hingga beragam perlombaan bisa ditemukan di sana.

Baca Juga:  Kopertis IX Sulawesi Bakal Gelar Deklarasi Anti Narkoba di Growth Centre

3. Togean Internasional Oceanic
Event ini diselenggarakan di Pulau Togean pada 7 hingga 11 Agustus 2018.

4. Tour de Central Celebes
Lomba balap sepeda internasional ini akan mengambil start dari Kabupaten Banggai pada 14 Oktober dan finish di Palu pada 18 Oktober 2018.

5.Festival Teluk Tomini
Acara ini diadakan di Parigi, Kabupaten Parigi Moutong pada 14 hingga 16 Oktober 2018.

6. Festival Danau Tektonik Poso
Festival ini akan berlangsung di Tentena, Kabupaten Poso pada 15 hingga 19 Oktober 2018.

7. Festival Teluk Tomori
Festival ini digelar di Kolonodale, Kabupaten Morowali Utara pada 19 hingga 23 Oktober 2018.

8. Festival Pulau Dua
Festival Pulau Dua akan berlangsung di Luwuk, Kabupaten Banggai pada 27 hingga 28 Oktober 2018.

Source : Kom/Lip6
Editor : Yusdi Muliady
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top