Ragam

Hebat, 20 Wartawan di Bone Dinyatakan Kompeten Setelah Lulus Ujian

BONE, SULAWESINEWS.COM – Sebanyak 20 orang dari 21 wartawan yang ikut dalam Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel) mendapatkan predikat kompeten, Jumat (7/12/2018).

Pelaksanaan UKW secara gratis ini yang digelar di Hotel Novena Watampone, Jalan Jend. A. Yani, Kecamatan Tanete Riattang Barat, merupakan kerjasama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bone dengan Polres Bone.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, 6-7 Desember itu bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan profesionalisme wartawan serta menegakan kemerdekaan pers berdasarkan kepentingan publik. Menjaga harkat dan martabat kewartawanan sebagai profesi khusus penghasil karya intelektual. Dan yang terpenting menghindari penyalahgunaan profesi wartawan.

Dalam UKW ini, 21 wartawan dari media cetak dan online di Kabupaten Bone, 20 orang dinyatakan kompeten sedangkan satu orang lainnya harus mengulang di UKW berikutnya.

“Peserta uji kompetensi berjumlah 21 orang, terdiri peserta muda semua. Setelah dilakukan uji kompetensi selama dua hari, peserta yang belum kompeten satu. Peserta yang kompeten UKW PWI Provinsi Sulawesi Selatan adalah 20 orang,” kata Koordinator ujian, Fathurrahman, Jumat (7/12/2018) saat membacakan hasil UKW angkatan ke-13 yang digelar PWI Sulsel.

Baca Juga:  Seorang Ayah di Bone Tikam Anak Kandungnya Hingga Tewas

Ketua PWI Provinsi Sulsel yang diwakili Ketua Bidang Organisasi, Drs H Mappiar, dalam penutupan UKW ke-13 mengatakan, teman teman wartawan yang sudah lulus atau sudah kompeten adalah sebuah keberhasilan yang menurutnya adalah pintu masuk wartawan menjadi kompeten di dalam melaksanakan profesinya sebagai wartawan.

“Dan ini tidak mudah karena kita akan bekerja sebagai orang kompeten orang yang bertanggungjawab sebagai profesi, media dan etika kita. Ketika kita sudah kompeten kita harus lebih baik lagi dari sebelumnya,” pesannya.

Sebelumnya, Kapolres Bone AKBP Muh Kadarislam Kasim SH, S.Ik, M.Si menyampaikan bahwa tujuan melaksanakan UKW ini karena selama dirinya menjabat di Bone banyak didukung oleh rekan media, memberikan kontribusi yang baik sehingga pelaksanaan Pilkada Bone berlangsung aman.

Baca Juga:  Bupati Bone Tinjau Jalan Titian di Lonrae

Sekadar diketahui, tim penguji UKW yang didatangkan langsung dari Dewan Pers, PWI Pusat, pengurus PWI Sulsel dan dihadiri Ketua PWI Bone.

UKW ke-12
Sebelum pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan dilakukan di Bone, UKW juga digelar oleh PWI Sulsel selama dua hari, yakni tanggal 3-4 Desember 2018 di Hotel Swisbell Inn Makassar. Dalam UKW tersebut dibagi dalam tiga tingkatan, yakni muda, madya, dan utama.

Pada kesempatan itu, Djoko Tetuko, salah seorang penguji dari PWI Pusat menyebutkan sebanyak 10.061 wartawan yang telah dianggap berkompeten setelah melalui Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

Dengan adanya UKW di Bone, secara otomatis jumlah wartawan yang telah dianggap kompeten sebanyak 10.081 orang.

Penulis : Burhan Hamzah
Editor : Yusdi Muliady
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top