Kembangkan Potensi Daerah, Bupati Soppeng Datangkan Tim Ahli dari Malaysia

Kembangkan Potensi Daerah, Bupati Soppeng Datangkan Tim Ahli dari Malaysia

Senin, 28 Januari 2019,

SOPPENG, SULAWESINEWS.COM– Bupati Soppeng HA Kaswadi Razak SE,menggelar pertemuan dengan seluruh tim ahli tekhnologi atau pengembang potensidaerah Kabupaten Soppeng di ruang Pola kantor Bupati Soppeng, Senin (28/01/2019).

Kaswadi Razak menjelaskan,tujuan dilakukan pertemuan tersebut adalah untuk sharing dengan pakartentang bagaimana menyediakan sumber mata air bersih yang layak dan higienis,serta memperkenalkan teknologi wave energy atau energi gelombang untuk disegala bidang.

Tim Ahli Teknologi WaveEnergy dari Malaysia, R. Zahri Zaad menyebutkan jika dilakukannya tersebut adalahuntuk membantu pemerintah setempat untuk menyejahterakan masyarakatnyamelakukan pembangunan yang tepat guna.

“Teknologi dengan istilahWave atau gelombang frekuensi merupakan suatu proses tenaga gelombang sesuatuunsur yang boleh dicoding secara digital dengan menggunakan teknologiresonance” jelas R. Zahri Zaad.

Ditambahkannya, bahwaTeknologi Wave ini dapat dipergunakan di segala aspek seperti bidang kesehatan,pertanian, makanan dan minuman, biofuel dan biogas.

“Kita bisa membuat produkmakanan dan minuman tanpa menggunakan pengawet yang dapat merusak kesehatan”tukasnya.

Sementara itu, tim ahli teknologiInstalasi Pengeloaan Air Bersih (IPAB) yang diketuai DR. Emil Azmanajaya dari PoliteknikBalikpapan, memberikan rekomendasi setelah peninjauan lapangan untukpengelolaan air bersih dengan dua cara yaitu jangka pendek dan jangka panjang.

“Jangka pendek dengan membuat boster pump untuk mendorong air agar sampai ke pelanggan serta memperbaiki dosis campuran untuk pengelolaan air bersih. Jangka panjang membuat master plan perpipaan termasuk yang akan digunakan di Rumah Sakit,” kata Emil Azmanajaya.

Pertemuan tersebut turut dihadiri Sekda, Asisten dan Staf ahli Setda, Kepala SKPD/OPD, para Kepala Bagian Setda, pejabat eselon III lingkup Pemkab Soppeng dan para camat.

TerPopuler