Ini Upaya Pemkab Soppeng Kembalikan Kejayaan Sutera di Bumi Latemmamala

Ini Upaya Pemkab Soppeng Kembalikan Kejayaan Sutera di Bumi Latemmamala

Kamis, 28 Februari 2019,

SOPPENG,SULAWESINEWS.COM – PemerintahKabupaten Soppeng melalui Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM, menggelarFocus group discussion (FGD) di aula Dinas PPK dan UKM Soppeng, Kamis (28/02/2019).

FGD tersebutadalah penyusunan pola pengembangan sentra UKM “Kampung Sabbeta” yang dibukalangsung oleh Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKMSoppeng, Drs A. Makkaraka, M.Si.

Hal itudilakukan sebagai upaya untuk mengembalikan kejayaan sutra alam di KabupatenSoppeng.

“Tujuan dilaksanakan kegiatanini adalah untuk mengembalikan kejayaan sutera alam di Soppeng yang pernahberjaya di tahun 80-an dan 90-an. Di mana saat itu, produksi benang suteramencapai 90 ton pertahun,” kata Arif Yunus SE Kabid Perindustrian PerdaganganPerindustrian, Koperasi dan UKM.

Pada kesempatan itu, ArifYunus, berpesan kepada seluruh peserta FGD Penyusunan Pola Pengembangan Sentra IKM“Kampung Sabbeta”, agar mencermati persentase tenaga ahli penyusunan kegiatanini, dan sekaligus menyangga serta mengusulkan apa yang dianggap benar dalamrangka perbaikan dan menyempurnakan Program ini.

“Semoga program ini dapat disempurnakandan bisa diusulkan di Kementerian Perindustrian tahun 2019 dan bisa terelisasitahun 2020, Insya Allah,” harap Arif Yunus.

Turut hadir dari utusan Dinas Pertanian, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Parawisata, Dinas Pemberdayaan Perempuan & KB, Dinas Tenaga Kerja, Dinas Lingkungan Hidup, Bappelitbanda, Dinas PPK DAN UKM, Bag.Hukum dan Perundang undangan.

Selain itu hadir juga Bagian Peekonomian Bagian Ortala, Dekranasda SMKN I, Perum Perhutani, para petani ulat sutera, IKM Pemintalan, IKM Pertenunan, IKM Kerajinan, importir sutera, Badan Promosi Wisata, Ketua Assosiasi SSC, Pemerhati Sutera.

TerPopuler