Kemenkes Gelar Sosialisasi Pola Hidup Sehat di Luwu Timur

Kemenkes Gelar Sosialisasi Pola Hidup Sehat di Luwu Timur

Rabu, 20 Februari 2019,

LUWU TIMUR, SULAWESINEWS.COM – Kementerian KesehatanRepublik Indonesia (Kemenkes RI), Komisi IX DPR RI dan Dinas KesehatanKabupaten Luwu Timur, terus melakukan berbagai upaya untuk mengajak masyarakatmenjaga dan memelihara kesehatannya dengan merubah pola hidup yang kurang baikmenjadi baik dan disiplin.

Salah satu upaya yang dilakukan ialah dengan melakukan sosialisasiGerakan Masyarakat (Germas) Hidup Sehat, di Desa Manurung, Kecamatan Malili,Selasa (19/02/2019).

Sosialisasi tersebut dibuka oleh Asisten Administrasi Umum,Aini Endis Enrika, S.SSTP. MM dan berlangsung disalah satu halaman kediamanwarga.

Turut hadir Kepala Dinas Kesehatan Luwu Timur, dr. April,Anggota DPRD Kabupaten Luwu Timur, Andi Endhy B. Shin Go, Kepala Puskesmas,Bidan Desa dan ratusan warga di wilayah tersebut.

Dalam sambutan Bupati Luwu Timur yang dibacakan AsistenAdministrasi Umum, Aini Endis Anrika mengatakan, kesehatan merupakan kebutuhandasar hidup masyarakat. Namun dewasa ini, perilaku hidup sehat semakinberkurang. Karena itu, sosialisasi Germas hidup sehat penting dilakukan sebagaisalah satu upaya promosi preventif yang dilakukan melalui pendekatan.

“Untuk mewujudkan hidup sehat ini tentu dibutuhkan kerjasamalintas sektoral. Dengan demikian, tindakan prenventif mencegah penyakit menulardan tidak menular tidak timbul di masyarakat,” ujarnya.

Kepala Seksi Penyebarluasan Informasi Kesehatan dariKemenkes RI, Theresia Irawati, sebagai narasumber dalam kegiatan ini, memaparkancara mewujudkan pola hidup sehat, yakni, selain mengkonsumsi makanan bergiziseperti sayur-sayuran, buah-buahan dan lainnya, harus ada tindakan berupaaktivitas fisik, seperti tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol, cekkesehatan secara rutin, menjaga dan memelihara lingkungan sehat.

“Untuk itu, ayo seluruh peserta efektif bersosialisasitentang hidup sehat, sekaligus mengedukasi masyarakat agar dapat merubah polahidup dan perilaku yang tidak baik menjadi disiplin menjaga kesehatannya,”ucap Theresia.

Sementara itu, Anggota Komisi IX DPR RI, drg. Hj. AndiFauziah Pujiwati Hatta yang diwakili oleh Staf Ahli Komisi IX, Ahmad Sulaemanberharap jika masyarakat harus meningkatkan kesadaran mereka akan pentingnyaderajat kesehatan mereka.

“Germas adalah langkah strategis Pemerintah untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang dimulai dengan hal yang cukup sederhana, yakni melalui pola hidup sehat,” ujarnya.

Diakhir acara tersebut, dilakukan penandatangan komitmen bersama terkait perwujudan Germas hidup sehat. (*)

TerPopuler