Wagub Sulsel Kunjungi Sentra IKM Pengolahan Hasil Perikanan di Lappa

Wagub Sulsel Kunjungi Sentra IKM Pengolahan Hasil Perikanan di Lappa

Kamis, 28 Februari 2019,

SINJAI, SULAWESINEWS.COM – Usai menghadiri puncak peringatan Hari Jadi Sinjai ke-455, Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman didampingi Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa mengunjungi Sentra IKM Pengolahan Hasil Perikanan di Lappa, Sinjai Utara, Rabu (27/2/2019).

Pada kunjungan tersebut, Wagub melihat langsung prosespembuatan produk-produk hasil perikanan serta fasilitas yang disediakan disentra.

“Poduk-produk yang ada sudah layak untuk dipasarkanmelalui retail-retail atau mini market ternama karena sangat beragam dankemasannya cukup menarik. Namun yang perlu terus diperhatikan adalah higienitasdan masa kadaluarsa. Apa yang dilakukan pemerintah patut diapresiasi sebagaiupaya peningkatan kualitas IKM dan peningkatan ekonomi pelakunya,” ujar AndiSudirman.

Sementara itu, Bupati Sinjai Andi Seto menjelaskan bahwa disentra IKM terdapat berbagai macam fasilitas pengelolaan hasil perikanan,tempat penyimpanan, klinik Kemasan, hingga kafetaria untuk menikmati hidangandari pengelolaan hasil perikanan.

“Dengan adanya sentra IKM perikanan, beberapa bebannelayan dapat dipangkas. Salah satunya untuk proses filleting. Sebelumnya,nelayan harus membawa ikan tangkapannya untuk diproses di makassar. Sekarang, nelayan sudah bisa memproses sendiri melalui sentra. Sehingga biayalebih ringan, keuntungan jual langsung dinikmati nelayan sendiri, dan nelayanpun bebas dari calo”, jelasnya.

Selain itu, Seto juga menyampaikan keinginan untuk membangun pelabuhan khusus untuk ikan di area sentra sehingga semakin memudahkan para nelayan. Rencana ini disampaikan langsung kepada Wagub dan direspon dengan baik.

Sebelum meninggalkan sentra, Wagub, Bupati, Wakil Bupati beserta forkopimda, Asisten III Setdakab, PLt. Kadis Perindag, Kabag. Ekonomi sempat mengobrol santai sambil menikmati penganan hasil olahan ikan yaitu bakso dan siomai. (Adv)

TerPopuler