Diterjang Puting Beliung, Puluhan Rumah di Luwu Utara Rusak

Diterjang Puting Beliung, Puluhan Rumah di Luwu Utara Rusak

Minggu, 03 Maret 2019,

LUWU UTARA, SULAWESINEWS.COM – Angin puting beliungmenerjang Desa Munte Kecamatan Tanalili, Kabupaten Luwu Utara, SulawesiSelatan, Sabtu (2/3/2019), sekitar pukul 22.00 wita.

Meski tidak ada korban jiwa, namun akibat bencana alamtersebut 59 unit rumah warga mengalami kerusakan.

Dari 59 unit rumah warga mengalami kerusakan itu denganrincian, 8 unit rumah rusak berat, 11 rusak sedang dan 40 rusak ringan. Dari 8rumah rusak berat tersebut, terdapat satu rumah rata dengan tanah.

Mengetahui hal itu, Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani, sekitar08.00 wita pagi langsung meluncur ke lokasi kejadian, dan meninjau warga yangterkena dampak.

Tidak sekadar meninjau, orang nomor satu di Luwu Utara inijuga memberikan bantuan tahap awal berupa 15 lembar terpal dari BPBD dan DinasSosial.

“Ini sifatnya darurat saja untuk jaga-jaga jika kembaliterjadi hujan,” ujar Kepala BPBD Alauddin Sukri, Minggu (3/3/2019).

Alauddin Sukri mengatakan, bantuan tahap awal ini memangbelum cukup karena sifatnya hanya darurat saja.

“Kita prioritaskan ini dulu. Insya Allah, atas perintah Bupati, dalam waktu dekat ada bantuan perbaikan terhadap rumah warga yang terkena dampak. Besok, saya akan melaporkan hasil assessment kami di lapangan, termasuk estimasi kerugian akibat terjangan angin puting beliung ini,” terangnya.

“Saat ini kami bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Luwu Utara, Dinas Sosial Luwu Utara, Satpol PP Luwu Utara, dan Tim Reaksi Cepat (TRC) Luwu Utara sementara melakukan pembersihan terhadap beberapa pohon yang tumbang akibat angin puting beliung semalam,” tambahnya.

TerPopuler