Mutakhirkan BDT, Husler Tegaskan Data Akurat Penentu Keberhasilan Program Penanggulangan Kemiskinan

Mutakhirkan BDT, Husler Tegaskan Data Akurat Penentu Keberhasilan Program Penanggulangan Kemiskinan

Jumat, 22 Maret 2019,

LUWU TIMUR,SULAWESINEWS.COM – Dinas Sosial,Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Luwu Timur,menggelar sosialisasi pemanfaatan Data Terpadu dalam Program Penanganan FakirMiskin dan Orang Tidak Mampu (DTPFM-OTM), verifikasi dan validasi DTPFM digedung wanita Simpurusiang, Kecamatan Malili, Kamis (21/03/2019).

Sosialisasi ini menghadirkandua narasumber dari Kementerian Sosial RI masing masing Dr.Abdul Hayat(Direktur Fakir Miskin Wilayah III Kemensos RI) dan Joko Priyatno (KasubbidSistem Informasi pada Pusat Data dan Informasi Kesejahteraan Sosial, KemensosRI).

Acara tersebut dibuka BupatiLuwu Timur HM Thorig Husler, dan dihadiri 380 orang peserta yang terdiri dari,FKPD Kabupaten Luwu Timur, Wakapolres selaku Ketua Satgas Bansos Pangan, paraKepala SKPD, Camat, Tim Koordinator dan Pendamping PKH, Tenaga KesejahteraanSosial Kecamatan (TKSK) serta Operator Desa Aplikasi Sistem InformasiKesejahteraan Sosial – Next Generation (SIKS-NG).

Bupati Luwu Timur H.M ThorigHusler, dalam sambutannya mengatakan, pentingnya keakuratan dan kevalidansebuah data dari informasi yang dibutuhkan.

“Karena dengan keakuratandata tersebut, menjadi tolok ukur sebuah keberhasilan dari program yangterencana untuk dapat dilaksanakan,” jelas Husler.

Untuk mendapatkan data yangakurat, lanjut Bupati, maka perlu dilakukan verifikasi dan validasi Basis DataTerpadu (BDT) secara berkala sesuai dengan jenis programnya.

“Akurasi dari verifikasidan validasi BDT sebagai penerima manfaat program Penanganan Fakir Miskinmenjadi faktor yang sangat penting dalam upaya meningkatkan efektivitas programpenanggulangan kemiskinan dan perlindungan sosial, sehingga didapatkan nantinyaKeluarga Penerima Manfaat (KPM ) yang benar benar valid, tepat sasaran sertatepat waktu” ujar Husler.

“Dengan adanya kegiatansosialisasi ini, kami berharap Program penanganan fakir miskin di KabupatenLuwu Timur dapat terwujud” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala DinasSosial P3A Kabupaten Luwu Timur Sukarti, melaporkan bahwa pada tahun 2018 telahmelakukan verifaksi dan validasi DTPFM dan OTM sebagai yang telah ditetapkanoleh Kementerian Sosial RI dengan SK Nomor : 08 /HUK/2019 tentang DTPFM danOTM.

Ia juga menyebutkan bahwaditahun 2019 akan melanjutkan verifikasi dan validasi DTPFM yang ditetapkanoleh Menteri Sosial RI setiap 6 bulan sekali.

“Untuk mempermudah kegiatan verifikasi dan validasi DT PFM kami harapkan para kepala desa/lurah, Camat serta OPD terkait untuk berperan aktif” ujar Sukarti.

Selain sosialisasi, pada kesempatan itu, Dinsos P3A juga menggelar launching dan penyerahan DTPFM dan OTM Tahun 2019.

TerPopuler