Pemda Lutra Gelar Rapat Koordinasi PPID, Ini Kata Bupati

Pemda Lutra Gelar Rapat Koordinasi PPID, Ini Kata Bupati

Minggu, 31 Maret 2019,

MAKASSAR, SULAWESINEWS.COM– Filosofi peran Pejabat PengelolaInformasi dan Dokumentasi (PPID) sesungguhnya adalah bagaimanamempertanggungjawabkan setiap kegiatan yang dibiayai oleh Negara.

Demikian diungkapkan BupatiLuwu Utara, Indah Putri Indriani pada mengahdiri Rapat Koordinasi (Rakor) PejabatPengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), yang dihelat di Meeting RoomKarebosi Condotel, Sabtu (30/3/2019) malam.

“Setiap kegiatan, setiaprupiah yang dibelanjakan harus dipertanggungjawabkan/dilaporkan. Kecualimenyangkut 10 informasi yang dikecualikan. Sekretaris dalam hal ini sebagai TheSecond man di unit kerja masing-masing, harus betul-betul memahami tugas danfungsi (tusi),” kata Indah.

Menurut Isteri dari MuhammadFauzi ini, hari ini terjadi perubahan yang begitu deras sehingga pendekatanfeodal sudah harus ditinggalkan.

“Tidak cukup video,foto, ataupun surat tapi bagaimana dikelola menjadi informasi, buat narasi, dankalau kita sudah biasa melakukan ini, maka yakin daya baca kita, potensipersonal  berkembang lebih cepat.Mungkin, bukan kita tidak bisa menulis tapi tidak sadar fungsi dan peranmasing-masing,” ujarnya.

Di hadapan 56 PPID pembantudalam hal ini para sekretaris, Indah meminta agar PPID menjadi dokter bagi yanglain.

“Sekali lagi, sekretarissebagai the second man harus bekerja menggerakkan semua orang. Jadilah dokter,yang betul-betul dapat membuat orang sehat. Mata bisa melihat, telinga bisamendengar, dan hati bisa benar-benar merasa. Intinya saya berharap kita bisabetul-betul paham tusi kita, tidak hanya bekerja tapi juga berkinerja demibirokrasi yang bersih dan akuntabel,” harap Indah.

Sekadar informasi, Rakor ini berlangsungtiga hari, mulai 29 hingga 31 Maret 2019.

TerPopuler