Peringati HPSN 2019, Pemkab Soppeng Ajak Masyarakat Kurangi Sampah Plastik

Peringati HPSN 2019, Pemkab Soppeng Ajak Masyarakat Kurangi Sampah Plastik

Jumat, 08 Maret 2019,

SOPPENG, SULAWESINEWS.COM– Pemerintah Kabupaten (Pemkab)Soppeng melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menggelar kerja bakti massal yangdipusatkan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Lempa, Kelurahan Lalabata Rilau,Kecamatan Lalabata, Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan, Jumat (8/3/2019).

Kegiatan tersebut dalamrangka peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019.

TPA Lempa sengaja dipilihsebagai objek kerja bakti massal, karena diharapkan melalui kegiatan itu, dapatmemberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya penanganan dan pengelolahansampah, sesuai dengan tema HPSN 2019 “Kelola Sampah Untuk Hidup Bersih, Sehatdan Bernilai”.

Pada kesempatan itu, BupatiSoppeng HA Kaswadi Razak SE, mengingatkan soal polemik pengelolaan sampah yangmenimbulkan permasalahan lingkungan yang cukup mendasar. Terutama sampah plastik,masih menjadi masalah nasional.

Oleh sebab itu, Kaswadimengimbau agar masyarakat bertekat bagaimana mengurangi sampah plastik.

Hal itu dikatakannya, agarbisa menjadi bentuk komitmen bersama dalam menjaga kebersihan dan menghindaripermasalahan sampah di Bumi Latemmamala.

“Masalah sampah plastik, adalahmasalah nasional. Indonesia dicap sebagai penghasil sampah plastik terbesar didunia. Oleh karena itu, kita harus bersama-sama agar kabupaten Soppeng terbebasdari hal-hal yang bersifat nasional, seperti sampah plastik ini,” ujar Kaswadi.

Selain itu, Kaswadi berharap kesadaranbersama, agar dapat meningkatkan peran aktif semua pihak untuk membangunsinergi antara pemerintah dan masyarakat dalam pengelolaan sampah.

“Saya harapkan memulai darilingkungan kita menjadi daerah bebas dari sampah plastik. Kita harus memilikikesadaran mengurangi membuang sampah,” harapnya.

Sementara itu, Kepala DinasLingkungan Hidup A. Aswan A. Said M.Si menyebutkan, berdasakan Surat EdaranMenteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor:SE.2/MENLHK/PSLB3/PLB.0/2/2019 tentang Hari Peduli Sampah Nasional 2019.

Dikatakannya, melalui suratedaran tertanggal 4 Februari 2019 itu, para kepala daerah diminta menyukseskanHPSN dengan sasaran antara lain mensinergikan upaya pengelolaan sampah antaramasyarakat, dunia usaha, dan pemerintah.

“Untuk itu, diharapkanprogram pengurangan sampah 2025 dapat tercapai 30 % sampai ke TPA denganmelakukan 3R (Reuse, reduse, recycle) terutama sampah plastik,” jelas A. Aswan.

Kegiatan HPSN 2019 yang digelaroleh Pemkab Soppeng, selain kerja bakti massal, juga beberapa kegiatan lainnya,seperti penanaman 3000 poho dirangkaikan refleksi “Akar 3 tahun”.

Sekadar diketahui, kegiatan itu juga dihadiri oleh Polres, Kejari, Kodim, dan seluruh Kepala SKPD Kabupaten Soppeng bersama jajarannya.

YUSDI MULIADY

TerPopuler