Upaya Penuhi Hak Anak, Pemkab Sinjai Bentuk APSAI

Upaya Penuhi Hak Anak, Pemkab Sinjai Bentuk APSAI

Sabtu, 30 Maret 2019,

SINJAI, SULAWESINEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Sinjai melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) membentuk Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak Indonesia (APSAI), Jumat (29/03/2019).

Kegiatan ini digelar di ruangpola kantor Bupati Sinjai, dan dihadiri Wakil Bupati Sinjai, Hj. A KartiniOttong.

Andi Kartini Ottong, saat membacakansambutan Bupati Sinjai, menyampaikan bahwa upaya pemerintah mengoptimalkan danmendorong peran aktif semua sektor dan berkontribusi untuk penguatan kabupatenlayak anak (KLA) di Kabupaten Sinjai.

Upaya percepatan untukmeningkatkan peringkat dari kategori pratama menjadi kategori madya. Makasektor yang tidak kalah pentingnya adalah dunia usaha dan dunia industri.

“APSAI yang akandibentuk ini merupakan lembaga independen yang dapat menentukan kriteriakelayakan sebuah perusahaan terhadap pemenuhan hak-hak anak, dan mengukurkelayakan sebuah perusahaan yang layak bagi anak,” ucapnya.

“Sehingga APSAI akan didukungoleh perusahaan, pelaku-pelaku bisnis,yang nantinya akan berkolaborasi danbersinergi untuk memperhatikan kesejahteraan anak-anak di kabupaten sinjai danakan mendampingi, membantu serta memberikan penghargaan kepada perusahaan yangmemiliki kebijakan, program maupun produk yang layak anak,” jelas AndiKartini.

Wakil Bupati juga berharapdengan terbentuknya APSAI di Sinjai, peran dunia usaha dapat membantuPemerintah Daerah dalam memenuhi kebutuhan dan hak anak sehingga Sinjai dapatmeraih Kabupaten Layak Anak kategori madya.

Sementara itu, KepalaDP3AP2KB Sinjai Dra. Hj. Mas Ati mengatakan bahwa tujuan dibentuknya APSAI iniadalah untuk mengajak semua dunia usaha, baik perusahaan besar maupun kecilbersama-sama melindungi, memenuhi kebutuhan dan hak anak.

“Dengan adanya kepengurusanAPSAI yang dilantik, tentunya akan mendukung program pemerintah dalammemberikan perlindungan dan pemenuhan hak yang layak kepada anak anak,” ujar HjMas Ati.

Kegiatan ini dihadiri olehpara pelaku usaha bisnis, BUMN, BUMD, Rumah Sakit Swasta yang ada di Sinjai.

TerPopuler