Andi Seto Pantau Titik Rawan Banjir di Kota Sinjai

Andi Seto Pantau Titik Rawan Banjir di Kota Sinjai

Sabtu, 20 April 2019,

SINJAI, SULAWESINEWS.COM – Hujan deras yang mengguyur Sinjai, Jumat malam (19/4/2019),mengakibatkan beberapa ruas jalan di kota Kabupaten Sinjai Sulawesi Selatannampak tergenang air.

Melihat kondisi tersebut,Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa langsung melakukan pemantauan di beberapatitik rawan banjir, dan sekaligus memantau aliran air sungai yang ada di kotaKabupaten Sinjai, Sabtu (20/4/2019).

Turut mendampingi Bupati,Ketua DPRD Kabupaten Sinjai Abd. Haris Umar, Kapolres Sinjai Sepbril Sesa,Komandan Kodim 1424 Sinjai Oo Sahrojat, Kepala BPBD Sinjai Budiaman, Kadis Lingkungan Hidup Arifuddin.

Beberapa titik yangdikunjungi diantaranya, melihat aliran sungai Cakempong yang ada di dekatMesjid Agung Nujmul Ijtihad, kondisi SMA 5 yang sering menjadi langgananbanjir, memantau kondisi sungai samping kantor BKPSDMA, kondisi sungai yang adadi Tekolampe, ruas jalan Tondong dan perumahan warga.

Setelah melakukan pemantauandi beberapa titik, Bupati langsung rapat dengan beberapa instansi terkait dirumah jabatan Bupati yang dihadiri oleh Plt. Badan Penanggulangan BencanaDaerah (BPBD) Budiaman, Kadis Kehutanan dan Lingkungan Hidup Kabupaten SinjaiArifuddin, Plt.Camat Sinjai Utara Andi Jefriyanto Asapa, Perwakilan dari DinasPU Andi Syarif.

Dalam pertemuan tersebut, Bupatimenunjuk Plt. Camat Sinjai Utara menjadi ketua dalam proses penangananpenanggulangan banjir, dan memerintahkan kepada Camat Sinjai Utara dan instansiterkait mengambil langkah cepat untuk pembersihan di beberapa titik yangsering menjadi langganan banjir.

Salah satu faktor penyebabadalah terjadinya genangan air di berbagai tempat khususnya di SinjaiUtara  yaitu, di drainase adanya saluran air yang tersumbat sehinggaterjadi genangan air yang berada di Muara Sungai tekolampe atau sungai Tuiterjadi sumbatan.

Bupati Sinjai mengungkapkan,bahwa saat ini sudah memasuki musim hujan di Kabupaten Sinjai dan baru-baru inicurah hujan juga sangat tinggi.

“Kita liat kemarin malam adabeberapa tempat yang terjadi tergenangnya air, dan saat ini harus kita tetapwaspada terjadinya curah hujan cukup tinggi khususnya di Kabupaten Sinjai,”ujar Seto.

Bupati Sinjai juga mengimbaupihak terkait agar mengantisipasi adanya genangan air yang terjadi saat iniyaitu membuat saluran – saluran yang sering terjadi air tersumbat yang bisamenyebabkan banjir supaya air tidak tersumbat lagi.

“Kami juga berharapkepada masyarakat Sinjai, agar tetap menjaga kebersihan, dan tidak membuangsampah di selokan atau di sungai. Karena itu adalah salah satu penyebabtimbulnya sumbatan air yang ada di muara sungai dan drainase, dan kami jugaberharap agar kerjasama masyarakat untuk ikut menjaga kebersihan di lingkunganmasing-masing,” harap Seto. (Adv)

TerPopuler