Gelar FGD Studi Kelayakan Pendirian Perumda, Pemkab Sinjai Hadirkan Akademisi Unhas

Gelar FGD Studi Kelayakan Pendirian Perumda, Pemkab Sinjai Hadirkan Akademisi Unhas

Selasa, 30 April 2019,

SINJAI, SULAWESINEWS.COM –Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai melalui Badan Penelitian dan PengembanganDaerah (Balitbangda), menggelar Forum Group Discussion (FGD) terkait studikelayakan pendirian Perusahaan umum daerah (Perumda) di gedung B kantor BupatiSinjai, Selasa (30/4/2019).

Kepala Balitbangda KabupatenSinjai, Asdar Amal Darmawan, dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan iniuntuk menjaring informasi terkait jenis usaha dan komuditi yang potensial untukdikembangkan.

“Untuk pendirian Perusda, perlulampiran untuk pengajuan permohonan kepada Kementerian Dalam Negeri untukmemperoleh persetujuan, yang selain menganalisa pelayanan itu juga harus dilampiri dengan RPJMD dan di dalam RPJMD kita harus memuat Kebijakan tentangpoin-poin pendiriaan perusahaan Daerah, dan Alhamdulillah pada proses RPJMDtelah masuk di poin kebijakan strategi kebijakan peningkatan pendapatan Daerah,”jelas Asdar Amal

Selain RPJMD, kata Asdar,juga harus melampirkan ringkasan laporan keuagan Pemerintah Daerah tiga tahunterakhir, dan Dokumen APBD tiga tahun terakhir, yang di Jadikan lampiranterakhir kita, dan di ajukan kepada Menteri untuk memperoleh Persetujuan, olehkarna itu kita ajukan rancagan tapi yang paling pokok adalah analisa tentangkelayakan ekonomi, analisa pemasaran dan analisa-analisa persoalan lainya sepertiperaturan ketersediaan teknologi maupun yang termasuk ketersedian sumber dayamanusianya.

Sementara itu, Bupati Sinjaidalam sambutannya yang di wakili oleh Plt. Asisten Administrasi Umum SetdakabSinjai Hj. Ratnawati mengatakan bahwa berbicara tentang kajian pasti harus didukung denga fakta yang akurat dan informasi yang paripurna, yang menentukandan memiliki teori yang sangat mendukung supaya data informasi sebagaipelengkapnya.

“Semoga sarana yang kitaharapkan ini merupakan ajang menyalurkan potensi untuk kita dapat melihatSinjai kedepan, sesuai dengan visi-misi Bupati yang tentu Ingin memajukanperekonomian di Kabupaten Sinjai.

Kita berharap denganKerjasama Perguruan Tinggi semakin membaik, dan Pemerintah berharap semogakerjasama ini akan maksimal kedepanya, dan tentu bagian dari kemajuanpembagunan, yang didasari dari penelitian dan kajian yang menjadi dasar darisebuah perencanaan, oleh karna itu merupakan rencana dasar dari kajian kitamaka tujuanya adalah untuk mengembalikan perusahaan Daerah,dan kemudian rencanaini akan di sesuaikan degan keingina Bapak Bupati untuk memajukan perekonomiandari hilir sampai ke hulu,” ucap Ratnawati.

“Kita akan melihatpotensi-potensi yang ada di Kabupaten Sinjai, yang kemudian akan dikelola olehperusahaan untuk bagai mana melihat dan menganalisa pelayanan perekonomian,analisis pasar dan Pemasaranya, serta bagaimana pelayanan keuagan dan analisisaspek lainya, tentu terkait bagaimana mengolah aset yang ada di dalamnya, olehkarna itu memang  sangat dibutuhkan untuk menjadikan motto dari keiginanPemerintah Daerah yang tentunya ingin menghidupkan kembali sektor yang manapaling potensi dari berbagai potensi yang di miliki di Kabupaten Sinjai.

Kita harus bermimpi bahwaDaerah ini tidak boleh gagal lagi, dan kita tidak mau jatuh pada lobang yangsama, seperti inilah harapan pemerintah Daerah, kita ingin mengembalikankembali agar tidak sama denga yang lalu, yang artinya akan sukses dimasa yangakan datang dan akan menjadi bagian dari sumber pengalaman bagi ekonomi yangdiharapkan untuk bersinergi terhadap pembagunan-pembagunan lainnya, yangdikelolah dan mengajarkan kepada pelaku bagai mana mengelolah Kebutuhan yanglebih baik untuk masa yang akan datang, tentunya sudah memiliki perusahaan yangMemback up pelaku usaha agar tingkatan setiap tahunya dapat terakses denganbaik,” Kunci Hj. Ratna.

Hadir menjadi narasumber dalamkegiatan ini Akademisi dari Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, diantaranyaProf.Supratman, S. Hut. MP, Makkarennu, Ph.D.

Hadir dalam kegiatan ini perwakilan dari masing-masing perangkat Daerah. (Adv)

TerPopuler