Ini Kata Andi Seto Saat Buka Sosialisasi Kabupaten Sinjai Menuju Satu Data

Ini Kata Andi Seto Saat Buka Sosialisasi Kabupaten Sinjai Menuju Satu Data

Senin, 15 April 2019,

SINJAI, SULAWESINEWS.COM – Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa, membukasosialisasi Kabupaten Sinjai menuju satu data dengan tema “MenjalinSinergitas Dalam Pengelolaan Data Yang Kredibel” bertempat di Ruang PolaKantor Bupati Sinjai, Senin (15/4/2019).

Andi Seto Gadhista Asapa,menyampaikan bahwa sosialisasi Kabupaten Sinjai menuju satu data, tujuannyaseluruh perangkat pemerintahan kementrian, lembaga pusat, daerah Provinsi, Kabupaten/Kotauntuk mewajibkan membangun pusat data.

“Era digital telahmemasuki segala bidang. Namun sayangnya, tak semua siap dengan perubahan eradigital yang saat ini menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan manusiayang mendiami kolong langit. Untuk itu, peran serta dari produsen data dalamhal ini seluruh organisasi perangkat daerah secara aktif setiap saat updatedata untuk dapat mengirimkan ke Dinas komunikasi informatika dan persandiansebagai walidata (sumber data) dikabupaten Sinjai menuju Sinjai satudata,” jelasnya.

Selain itu, Seto jugamenyampaikan bahwa untuk menunjang tata kelola satu data yang baik di lingkuppemerintah Kabupaten Sinjai, ia mengajak seluruh elemen untuk bersinergitasdalam pengelolaan data yang akurat dan kredibel.

“Sehingga tidak ada data yangtidak hanya memiliki beragam versi, dan saling kontradiktif diantara satudengan yang lainnya. Tata kelola data yang baik sangat bergantung kepadakualitas dan konsistensi didalam pengelolaan data,” ujar Seto

Sementara itu, Kadis Kominfodan Persandian H.Firdaus, S.Sos M.Si dalam laporannya, menyampaikan bahwakegiatan sosialisasi Kabupaten Sinjai menuju satu data bertujuan untukmeningkatkan integritas data,menyatukan data pada sebuah portal yang nantinyamenjadi satu pintu diseminasi dan akses data terbuka yang dijamin integrasi,akurasi, dan kemutakhirannya dengan prinsip satu standar data, satu meta databaku serta satu portal data.

Kegiatan tersebut dihadirioleh para Forkopimda, Sekretaris Daerah Sinjai Akbar, para asisten,para stafahli, para kepala OPD, para Kabag, para camat, para Lurah dan Kepala Desa, pimpinanBUMN/BUMD, dan Narasumber. (Adv)

TerPopuler