Kurangi Sampah Plastik dan Strategi Pemkab Soppeng Pertahankan Adipura

Kurangi Sampah Plastik dan Strategi Pemkab Soppeng Pertahankan Adipura

Jumat, 12 April 2019,

SOPPENG, SULAWESINEWSCOM – Bupati Soppeng menghadiri acara sosialisasi Adipuradan Workshop Updating Neraca Jakstrada Pengelolaan Sampah di Ruang Pola KantorBupati Soppeng, Jumat (12/04/2019).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup(DLH) Kabupaten Soppeng Drs. A Aswan Said M.Si, menyampaikan bahwa pengurangansampah plastik merupakan strategi pemerintahan untuk mempertahankan Adipura.

“Sesuai harapan bersama, mendukungpemerintah dalam program pengurangan sampah guna demi kenyamanan bersamaterutamanya mempertahankan Adipura,” ujar A Aswan.

Sementara itu, Bupati  Soppeng HA Kaswadi Razak SE dalam sambutannyamengatakan, meraih Adipura adalah merupakan suatu kebanggaan bersama.

“Dalam meraih Adipuraperlu dibangun kesadaran kolektif dari semua stakeholder yang ada. Semoga ke depandapat mengendalikan produksi sampah plastik, agar lebih ditertibkan demimengurangi sampah. Sebab Indonesia menurut Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia(YLKI) masuk dalam peringkat ke 2 negara penyumbang sampah plastik di dunia,”jelas Bupati.

Dikatakan Kaswadi,memanfaatkan inovasi Desa dan SKPD yang telah ada secara sempurna, agar bisamemberikan pembekalan atau motivasi, guna meningkatkan pemahaman, menyatukanpersepsi dan mendorong komitmen kita bersama serta membangun kerja sama dansinergitas dalam pengelolaan lingkungan.

“Selain pogrampengurangan sampah, kami juga telah melaksanakan program “Mappadeceng” yang dapatlangsung dirasakan oleh masyarakat, baik itu di bidang kesehatan, pendidikandan sosial kemasyarakatan,” jelas Kaswadi.

Di tempat yang sama, KabidLingkungan Hidup Pusat PengendalianPembangunan Ekoregion (P3E) Sulawesi Maluku Kementerian Lingkungan Hidup danKehutanan RI, Ibu Mery Hadriani Chaeruddin, dalam sambutannya menyampaikan dalamhal Adipura kami telah mengerti bahwa Bapak Bupati telah mengetahui banyaktentang Adipura sebagaimana yang dilakukannya selama ini. (Dian)

TerPopuler