Persiapan Ujian Berbasis Android, SMA Negeri 1 Soppeng Gelar In House Training

Persiapan Ujian Berbasis Android, SMA Negeri 1 Soppeng Gelar In House Training

Selasa, 23 April 2019,

SOPPENG, SULAWESINEWS.COM – Pihak SMA Negeri 1 Soppeng, Sulawesi Selatan, menggelar program pembekalan dikemas dalam ‘In House Training (IHT)’ menggunakan aplikasi indocbt kepada para siswa untuk persiapan Ulangan Berbasis Android (UBA) yang juga di sebut Computer Based Test (CBT), Selasa (23/04/2019).

UBA adalah sistem pelaksanaanulangan yang menyerupai Ujian Nasional dengan menggunakan smartphonesebagai medianya.

Hal itu karena dinilai lebihefektif, lebih valid dan tidak rumit, sehingga para siswa lebih tenang saatmengerjakan soal.

Pengawas dari DinasPendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Dra Hj. Awaliyah S. Pd  M. Pd, menyebutkan bahwa ujian berbasis smartphonedapat secara langsung menampilkan hasil ulangan yang telah dilakukan oleh siswa

“Soal dan jawaban persisseperti pelaksanaan UNBK. Soal yang tampil antara satu siswa dengan siswalainnya tidak sama, karena menggunakan sistem acak. Tujuannya, agar siswaserius mengikuti ujian sekaligus melatih diri dan kemampuan para siswa,” jelas DraHj. Awaliyah.

Selain itu, kata dia, menggunakansistem smartphone ini lebih memudahkan siswa untuk mengerjakan soal.

Dengan menggunakan aplikasiujian di smartphone, para siswa juga tidak bisa melakukan kecurangan.Selain soalnya yang diacak, siswa juga tidak bisa membuka aplikasi pencariangoogle.

“Soal yang dibuat ujianberbasis android sama halnya seperti ujian kertas. Untuk soal yang bertipechoise nilainya langsung ditampilkan saat siswa selesai ujian. Sedangkan ujianessay harus diperiksa oleh guru bidang studi yang melaksanakan ujian,”ungkapnya.

Senada disampaikan kepalaUnit Pelaksana Teknis (UPT) SMA Negeri 1 Soppeng, Naharuddin S.Pd M.Pd, bahwaada beberapa keunggulan ujian berbasis android diantaranya, melatih siswa agarterbiasa menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), tampilan aplikasipersis dengan tampilan UNBK.

“Menggunakan sistem androidini menghemat waktu, juga lebih memudahkan siswa untuk mengerjakan soal, dan mengurangisiswa melakukan kecurangan,” ujar Naharuddin. (Rosha)

TerPopuler