Ratusan CJH Soppeng Jalani Pemeriksaan Kesehatan dan Vaksinasi

Ratusan CJH Soppeng Jalani Pemeriksaan Kesehatan dan Vaksinasi

Rabu, 03 April 2019,

SOPPENG, SULAWESINEWS.COM – Ratusan Calon Jemaah Haji (CJH) Kabupaten Soppeng, SulawesiSelatan, menjalani pemeriksaan kesehatan dan suntik vaksin meningitis diPuskesmas Salotungo Kelurahan Botto Kecamatan Lalabata, Rabu (3/4/2019).

Berdasarkan Peraturan MenteriKesehatan (Permenkes) Nomor 15 Tahun 2016 tentang Istithaah Kesehatan JemaahHaji, pemeriksaan kesehatan dan vaksin meningitis, adalah merupakan syarat wajibdijalani jemaah sebelum diberangkatkan ke tanah suci.

“Adapun pemberian vaksindilakukan guna menghindari resiko infeksi penyakit meningitis yang bisamenyebabkan peradangan pada selaput otak dan sumsum tulang belakang,” kataKepala Dinas Kesehatan Kabupaten Soppeng, Sallang, menjelaskan.

Dikatakan Sallang, selain vaksinmeningitis, seluruh jemaah juga akan diberi vaksin influenza yang rencananyadilakukan pada saat menjelang keberangkatan ke Asrama Haji.

“Insya Allah, besok(Kamis (4/4/2019) akan dilakukan pengukuran kebugaran bagi Jemaah Calon Haji dikawasan Waduk Ompo yang meliputi kegiatan senam, jalan santai, dan lari-larikecil,” kata Sallang.

Sementara itu di tempatterpisah, Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Kabupaten Soppeng, H. AbdulMuin mengungkapkan, pelaksanaan ibadah haji memang membutuhkan kemampuanmental, ekonomi dan fisik.

“Dalam menunaikan ibadah haji, tidak cukup hanya menyiapkan mental dan finansial saja, sebagai modal utama. Kondisi fisik pun harus disiapkan dengan maksimal” jelasnya.

Penulis : Dian
Editor : Yusdi Muliady

TerPopuler