Tim Sukses Bagi-bagi Uang, Oknum Caleg di Sinjai Terancam Diskualifikasi

Tim Sukses Bagi-bagi Uang, Oknum Caleg di Sinjai Terancam Diskualifikasi

Selasa, 16 April 2019,

SINJAI, SULAWESINEWS.COM – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sinjai menemukandugaan pelanggaran kampanye di Kecamatan Bulupoddo, Kabupaten Sinjai, SulawesiSelatan.

Dugaan pelanggaran tersebut berupapemberian uang oleh salah seorang tim sukses (timses) calon anggota legislatif (caleg)dari Partai Amanat Nasional (PAN).

Ketua Bawaslu Sinjai Andi Muh. Rusmin, mengatakan pemberian uang tersebut diketahui setelah Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) di Bulupoddo memberikan himbauan kepada warga untuk mengantisipasi money politik.

Namun dalam waktu bersamaan,salah seorang warga mengakui telah menerima uang dari timses salah seorangcaleg dari PAN.

“Buka hanya melaporkanadanya pemberian uang dari salah seorang tim caleg tersebut. Tapi wargatersebut juga memperlihatkan uang yang sudah diterimanya,” ujar Rusminkepada Sulawesinews.com saat dikonfirmasi melalui teleponselularnya, Selasa (16/4/2019).

Rusmin menjelaskan, bahwa temuanPTPS tersebut pada Senin (15/4/2019) sore, dan pihaknya akan menindaklanjuti halitu sesuai aturan yang berlaku.

“Merujuk kepada PKPU,manakala terbukti caleg tersebut melakukan pelanggaran, maka kemungkinan besarakan didiskualifikasi. Bahkan bisa jadi masuk pidananya,” jelas Rusmin.

Sementara itu, Mappahakkang calegyang juga ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) PAN Kabupaten Sinjai, yang namanyadisebut-sebut membantah jika tim suksesnya melakukan hal tersebut.

Ia mengatakan bahwa, timsuksesnya tidak pernah melakukan hal itu (bagi-bagi uang).

“Kita tidak ada yang melakukanbegitu (bagi-bagi uang). Tidak ada juga informasi masuk ke kita,” ujar Mappahakkangdibalik telepon.

Penulis : Abd Malik
Editor : Yusdi Muliady

TerPopuler