Waspadai Potensi Ancaman, Kesbangpol Soppeng Gelar Pertemuan Bersama FKDM dan FKUB

Waspadai Potensi Ancaman, Kesbangpol Soppeng Gelar Pertemuan Bersama FKDM dan FKUB

Jumat, 12 April 2019,

SOPPENG, SULAWESINEWS.COM–  Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol)Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan, kembali mempertemukan tiga Forum strategisdalam rangka membicarakan upaya menjaga stabilitas kerukunan, keamanan danketertiban di wilayah Kabupaten Soppeng, Kamis (11/4/2019).

Pertemuan tersebut digelar diAula Kantor Gabungan SKPD Kabupaten Soppeng, dan dipimpin langsung oleh KepalaBadan Kesbangpol.

Kepala Badan KesbangpolSoppeng, Arafah, menyampaikan bahwa tugas dan tanggung jawab sebagai anggotaForum, baik itu Forum Pembauran Kebangsaan (FPK), Forum Kewaspadaan DiniMasyarakat (FKDM) maupun Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) adalah untukmenjaga stabilitas keamanan dan ketertiban nasional “Karena ketiga forum inisebenarnya merupakan telinga, mata dan kaki tangan Pemerintah,” kata Arafah.

“Untuk itulah Rakor inidilaksanakan untuk merumuskan langkah, menyatukan persepsi, serta menjaringinformasi terhadap segala bentuk ancaman yang dapat mengganggu stabilitaskeamanan khususnya di daerah Kabupaten Soppeng,” ujar Kaban Kesbangpol.

Rafah pun berharap agarkomunikasi, koordinasi, dan kerjasama antar Forum dapat terjalin dengan baikdemi kelancaran tugas dan tanggungjawab sebagai anggota Forum.

Dalam pertemuan tersebut ada beberapa pembahasan yang diangkat antara lain, kewaspadaan terhadap transformasi HTI menjadi Komunitas Royatul Islam (KARIM), penanganan masalah di sektor pertanian dengan adanya serangan Hama, serta langkah-langkah mewujudkan pemilu serentak yang damai, aman dan sejuk di Kabupaten Soppeng.

Pada pertemuan itu, tampak hadir ketua dan anggota dari masing-masing forum (Forum Pembauran Kebangsaan, Forum Kerukunan Umat Beragama, Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat). (Dian)

TerPopuler