Dukung Sultan Himayatuddin Jadi Pahlawan Nasional, Ini Kata Dosen PTS Kesehatan Kendari

Dukung Sultan Himayatuddin Jadi Pahlawan Nasional, Ini Kata Dosen PTS Kesehatan Kendari

Sabtu, 25 Mei 2019,

KENDARI, SULAWESINEWS.COM – Kami  mendukung Sultan Himayatuddin (La Karambau / Oputa Yi Koo) diusulkan sebagai pahlawan Nasional.

Demikiandikatakan Azlimin SKM MM yang juga Sekretaris Ikatan Alumni SMAN 3 Baubau kepadamedia, Sabtu (25/5/2019).

Berdasarkansejarah, Kesultanan Buton tercatat terjadi perang besar melawan pemerintahBelanda di masa pemerintahan Sultan Himayatuddin (La Karambau / Oputa Yi KooSultan Buton ke-20 dan ke-23) sekitar tahun 1755.

Sultan Himayatuddinsangat gigih menentang pemerintahan Belanda di tanah Buton yang sebelum SultanHimayatuddin naik tahta diterima dengan tangan terbuka.

SultanHimayatuddin memiliki semangat sama dengan pahlawan nasional lainnya sepertiPangeran Diponegoro, Teuku Umar, Sultan Hasanuddin, Sultan Agung Pattimura yanggigih menentang kehadiran Belanda di tanah air hingga bangsa ini lepas darikungkungan penjajah.

“Kami sebagaigenerasi muda Buton sangat berharap ada Tokoh Sulawesi Tenggara  yang menjadi Pahlawan Nasional,”  ujar Azlimin, yang sehari-hari berprofesisebagai Dosen pada PTS Kesehatan di Kota Kendari.

Sebelumnya TimPeneliti, Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) pengusulan Sultan Himayatuddin yang diketuai oleh Dr. Tasrifin Tahara yang juga Antropolog Universitas Hasanuddin.

Telah melengkapidokumen pengusulan Sultan Himayatuddin dan telah menyerakahan ke Tim TujuhKementerian Sosial RI yang menggodok gelar dan tanda kehormatan untuk pahlawannasional. (Yahya)

TerPopuler