Gunakan Google Classroom, Mahasiswa KPI UIN Alauddin Ini Pembelajaran Daring

Gunakan Google Classroom, Mahasiswa KPI UIN Alauddin Ini Pembelajaran Daring

Sabtu, 25 Mei 2019,

SULAWESINEWS.COM – Tahun ajaran 2019/2020 mahasiswa Prodi KPI UINAlauddin Makassar semester VI diajar menulis feature dan opini untuk mata kuliahcreative writing oleh dosen pengampuhDr. Muhammad Yahya Mustafa.

Kegiatanperkuliahan kali ini, tampil beda dibanding semester sebelumnya. Karena selainmenerapkan pola pembelajaran dalam jaringan (daring) atau online menggunakan GoogleClassroom yang amat sederhana.

Mahasiswa juga langsungdihadapkan dengan praktik lapangan dalam menulis feature dan opini.

Pada pertemuanujian tengah semester Jumat (17/5/2019), dosennya yang juga mantan wartawanpolitik Harian Pedoman Rakyat Makassar ini, memberikan tugas menulis featuredengan tema “Mahasiswa Penjual Takjil di Depan UIN Alauddin Samata-Gowa”.

Dari 39 mahasiswayang diberi tugas, beberapa diantaranya sudah mampu dan bisa menulis feature.Dan karya mereka ini kemudian ter-publish dibeberapa media portal daring.

Terpublikasinyakarya mahasiswa KPI ini, disisi lain memberi semangat kepada mereka untukmenulis dan semangat menekuni mata kuliah ini.

Dosen pengampuh mata kuliah ini pada perjumpaan Jumat (24/5/2019), ingin mengevaluasi sistem pembelajaran dari yang sebelumnya terkesan kaku dan manual.

“Jadi digunakan polapembelajaran yang sedikit berbeda dan sedikit bervariasi dari biasanya,” tandasdosen komunikasi Fisip Unismuh Makassar 2016-2019 ini.  

“Pada awalpertemuan, biasa dimulai pembelajaran dengan membaca puisi, mendengarkan lagu,dan kemudian membaca ringkasan cerpen, puisi lainnya,” sambungnya.

Dikatakannya, tujuandiberlakukan pola ini untuk menambah wawasan mahasiswa sehingga mengasah rasabahasa dan diksinya. Dan diharapkan setiap mahasiswa bisa mengembangkan bakatdan keterampilan yang diperoleh untuk bisa menjadi seorang penulis.

“Ini jugasebenarnya pembuka jalan bagi mahasiswa untuk bisa menjadi penulis andal danreporter sebagai pilihan-pilihan kehidupan dimasa depan. Pengalaman ini jugamemberikan pengetahuan baru serta pengalam baru tentunya di bidang creative writing,” kata doktor sosiologiPPs-UNM ini.

Apalagi di akhir-akhirperkuliahan ini, Muhammad Yahya selaku dosen pengampuh mata kuliah Creative Writing juga langsungmembiarkan mereka mengedit naskah di androidnya masing-masing.

Setelah ter-edit,masing-masing dari mereka bisa langsung mengirimnya ke beberapa portal onlinesehingga mereka memiliki pengalaman baru dalam hal menulis feature.

”Saya merasasangat puas ketika berita yang saya tulis bisa muncul di salah satu portalonline, dan pembelajaran ini sangat bagus bagi kami anak jurusan penyiaran,”kata Sisca Larita, salah seorang mahasiswa yang beritanya terpublikasi dionline. 

Di tempat yangsama, Ahmadi menuturkan kesan dan kesan selama mempelajari matakuliah ini. ”Di sinikami bisa mengambil pelajaran. Kita dituntut untuk cekatan dan cepat karenasiapa cepat dia dapat. Seperti halnya dalam mata kuliah ini, kita diajarkanbagaimana cara menulis berita, feature dan lainnya sehingga menambah literasikami selaku mahasiswa KPI,” ungkapnya.

Penulis : Nurul Khalisa, Mahasiswa KPI  UIN Alauddin Makassar

TerPopuler