Pemancar Sinjai TV Rusak, Kadis Kominfo Akan Lakukan Pembenahan Siaran

Pemancar Sinjai TV Rusak, Kadis Kominfo Akan Lakukan Pembenahan Siaran

Senin, 27 Mei 2019,

SINJAI,SULAWESINEWS.COM – Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan PersandianKabupaten Sinjai H Firdaus menggelar silaturahmi, sekaligus buka puasa bersamadengan awak media yang bertempat di warung makan pasundan, Minggu (26/5/2019).

Silaturahmi ini digelar dalam rangka memberikan informasiterkait beberapa pertanyaan dari masyarakat Sinjai yang tidak dapat menyaksikansiaran Sinjai Tv.

Pada kesempatan tersebut, Kadis Kominfo dan Persandian H Firdaus menjelaskan bahwa dengan tidak tayangnya siaranSinjai Tv dikarenakanbeberapa faktor diantaranya pemancar Sinjai Tv terkenapetir,  dan rusaknya beberpa alat yang ada di Sinjai Tv.

Namun kendatidemikian, Firdaus berjanji akan melakukan perbaikan secepatnya agar masyarakat Sinjai dapat melihat danmenyaksikan acara-acara Sinjai Tv.

“Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Sinjaiakan terus melakukan pembenahan kualitas siaran LPPL Radio Suara Bersatu danSinjai Tv,” ujar Firdaus.

Lebih lanjut dikatakanmantan Kadis Perhubungan Sinjaiini, bahwa selama ini dana untukpemeliharaan Sinjai Tv, hanyasebesar Rp 5 Juta.

Akibatnya, ia mengaku harus memutar otak untuk menyelesaikanpersoalan ini, minimal siaran Sinjai Tv kembali bisa dinikmati sementara waktu.

“Memang rusak pemancarnya. Sedangkan untuk pemeliharaan hanya sedikit,ini yang membuat kami juga harus memutar otak ,” ungkapFirdaus.

Untuk kembali bisa dinikmati masyarakat, kini Firdausmengaku telah menyiapkan opsi lainnya dengan kembali menggandeng salah satu perusahaan Tv Kabel di Sinjai.

“Saat ini alatnya sudah dalam pemasangan. Insya Allah, satu atau dua hari kedepan sudah bisa on air lagi, tapi hanya dalam jangkauanpelanggan Sinjai Tv saja dulu sembari menunggu anggaran peremajaan kembali,” tambahnya.

Terpisah, Azwar Rahman Master Kontrol Sinjai Tv membenarkanjika alat pemancar tersebut mengalami kerusakan. Sehingga siaran Sinjai Tvhingga saat ini belum bisa diakses.

Menurut, Odit sapaan akrabnya, kerusakan itu bisa disebabkanoleh banyak faktor bisa karena petir, bisa juga karena panas dimana pemancaryang digunakan tidak mampu menahan panas dari hasil pantulan gelombang siaranitu sendiri.

“Mungkin itu faktornya, tapi menurut teknisi yang pernah perbaiki pemancar itu katanyajuga bisa karena kena air hujan yang masuk melalui antena dan mengalir ke kabelpemancar,” ucapnya.

Sementara itu,dalam kesempatan itu turut hadir sekretaris Kominfo dan Persandian Mansur, Kepala LPPL Radio SuaraBersatu dan Sinjai Tv H. Munawir bersama staf, Kasubag Publikasi dan HubunganMedia Bagian Humas Setdakab Sinjai Usman, dan beberapa awak media. (Adv)

TerPopuler