Proyek Pembangunan Objek Wisata Tongke-Tongke Senilai Rp 3.1 Miliar

Proyek Pembangunan Objek Wisata Tongke-Tongke Senilai Rp 3.1 Miliar

Senin, 27 Mei 2019,

SINJAI, SULAWESINEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Sinjai melalui DinasPariwisata dan Kebudayaan mengggelar konsultasi publik, dalam rangkapenyempurnaan dokumen Detail Engineering Desain (DED) fasilitas destinasi hutanmangrove tongke-tongke Kecamatan Sinjai Timur tahun anggaran 2019, sebagaitempat wisata Mangrove Kabupaten Sinjai yang berlangsung di ruang kerjaSekretaris Daerah Kabupaten Sinjai, Senin (27/5/2019).

Kadis Pariwisatadan Kebudayaan Kabupaten Sinjai Yuhadi Samad mengatakan, bahwa untuk sementaraproses administrasi sudah dilakukan, dan penandatanganan kontraknya denganmenggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) akan dilaksanakan pada tanggal 21 Julitahun ini.

“Untukpembangunan sarana Pariwisata Tongke-Tongke ini, anggaran yang digunakan Rp.3,1 Miliar, yang bersumber dari dana Alokasi Khusus (DAK) dari Kementerian Pariwisatasebanyak Rp. 2,1 Miliar, dan Rp. 1 Milyar dari dana Provinsi Sulawesi Selatan,”jelas Yuhadi

“Pengerjaannyaakan rampung di tahun 2019, baik pengerjaan DAK dan pengerjaan Provinsi,sehingga ini bisa dinikmati oleh masyarakat di tahun 2020,” sambung Yuhadi.

Sementara ituSekda Sinjai Drs. Akbar M. Si dalam arahannya memerintahkan kepada DinasPariwisata dan Kebudayaan untuk membentuk tim destinasi wisata.

Ia jugamenyampaikan agar penataan pembangunan sarana dan fasiltas pendukung hutunmangrove perlu dihadirkan, seperti penyedian speed bot, tempat kulinerdisepanjang sungai, penyedian spot memancing ikan, penyedian lampu hias,pengadaan teropong, harus ada posko pengamanan dengan petugas yang lengkap.

Lebih lanjutAkbar mengatakan, bahwa bagaimana menjadikan hutan mangrove ini tidak hanyasekedar destinasi wisata, akan tetapi menjadikan hutan mangrove sebagaidestinasi edukasi. “Karena saya yakin Sinjai bisa berkembang melaluipariwisatanya, dan peningkatan perekonomian masyarakat sekitar juga bisameningkat,” jelas Akbar.

Hadir dalampertemuan tersebut konsultan pembangunan fasilita destinasi wisata hutanmangrove tongke-tongke Ahmad Syukri, Asisten Administrasi Perekonomian danKesejahteraan Hj. Nikmat Baddare Situru, Camat Sinjai Timur Tamsil Binawang,perwakilan dari beberapa Perangkat Daerah dan Kepala Bagian. (Adv)

TerPopuler