Selama Ramadhan, Disdukcapil Soppeng Sepi dari Aktivitas Warga

Selama Ramadhan, Disdukcapil Soppeng Sepi dari Aktivitas Warga

Jumat, 31 Mei 2019,

SOPPENG, SULAWESINEWS.COM – Selama bulan ramadhan 2019 ini, aktivitas pengurusanadministrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil(Disdukcapil) Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan, tidak begitu padat.

Hal itu dikarenakan kurangnya masyarakat melakukan pengurusan e-KTP dan administrasi kependudukan lainnya.

Demikiandisampaikan Andi Faizal S.Sos, KabidPengolahan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Jumat (31/05/2019).

Dijelaskan pula, adapunbentuk pelayanan masyarakat yang terbit ditempat ini yakni KTP, KK, aktakelahiran, akta kematian, akta pengakuan anak, kartu identitas anak, suratpindah datang dan keluar.

Menurut Faisal, selamapersyaratan lengkap pekerjaan produk pelayanan administrasi kependudukan tersebutbisa selesai sekitar 10menit. Hanya saja, kata dia, kadangada keterlambatan karena faktor jaringan internet.

“Jaringaninternet juga (kadang) mempengaruhiterbitnya KTP ini,” jelasnya.

“Sekarangmasyarakat yang berusia 17 tahun dimanjakan dengan kemudahan program “HoreEngkani KTP-ku” dimana KTP ke rumahyang bersangkutan dan disertai ucapan selamat ulang tahun,” sambungnya.

Terkait data penduduk, KepalaSeksi Pengolahan dan Penyajian Data Administrasi Kependudukan, Firdaus SE,mengatakan tidak ada lagi pemalsuan administrasi(data ganda) karena langsung terpantau di jaringan sistem administrasi SIAK (Sistem Informasi Administrasi Kependudukan).

“Sidiksepuluh jari dan sidik iris mata bisa menentukan data akurat masyarakat,” kata Firdaus.

TerPopuler