Dekopinda Kabupaten Soppeng Gelar Raker, Ini Harapan Bupati

Dekopinda Kabupaten Soppeng Gelar Raker, Ini Harapan Bupati

Jumat, 28 Juni 2019,

SOPPENG, SULAWESINEWS.COM– Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Soppeng menggelar Rapatkerja (Raker) yang berlangsung di aula KPRI, Kamis (27/6/2019).

Sambutan Ketua Dekopinwil Sulawesi Selatan, yangdibacakan sekretarisnya, Andi Sirajuddin mengatakan, rapat kerja Dekopinda padaprinsipnya merupakan perintah organisasi sesuai ketentuan dalam rumah tanggaDekopin pasal 43 dengan kewenangan antara lain.

Pertama,membahas dan mengesahkan laporan program kerja dan anggaran belanja danpendapatan tahun berjalan Dekopin.

Kedua, membahasdan mengesahkan program kerja dan rancangan anggaran pendapatan dan belanjaDekopinda tahun berikutnya.

Ketiga, membahashal-hal yang erat kaitannya untuk itu maka kami perlu mengingatkan beberapaissu strategi yang perlu di bicarakan dalam forum ini, diantaranya:

Perlunya langkah– langkah strategis yang harus dilaksanakan Dekopinda dalam rangka melakukanreformasi total koperasi.

Pentingnya gerakan koperasi menyesuaikan diri dengan kemajuan zaman khususnya perkembangan informasi komunikasi dan teknologi yang saat ini memasuki era revolusi indstri bisnis koperasi sudah harus ditopang dengan sistem digital atau ecommerce sehingga dapat memberikan pelayanan prima kepada anggotanya dan masyarakat.

Dikatakannya, Dekopinda perlu menyusun program danlangkah strategis untuk bersinergi dengan program Bupati terutama pengembangansentra ekonomi pedesaan berbasis kelompok sehingga akan terjadi peningkatan 2xlipat pendapatan masyarakat.

“Apabila ini dapat di-koperasi-kan akan memberikankeuntungan 2x tambah baik untuk masyarakat Kabupaten Soppeng, sehingga haruskita kawal dan sukseskan,” jelas Andi Sirajuddin.

“Dekopin sedang berjuang, agar dalam masa sidang DPR RI2019, RUU perkoperasian dapat disahkan sebagai pengganti UU 25 TAHUN 1992, yangsaat ini dalam proses harmonisasi,” sambungnya.

Sementara itu, sambutan Bupati Soppeng, Andi Kaswadi Razak,yang dibacakan oleh staf ahli Andi Surahman, mengatakan rapat kerja tersebut dianggappenting dan strategis. “Oleh karena itu, menjadi harapan kita semua bahwaperkoperasian di daerah ini dapat tumbuh dan berkembang serta menjadi pilihanmasyarakat dalam pemenuhan kesejahteraannya,” ucapnya.

Oleh karena Itu, Dekopinda sebagai lembaga yangberkompeten terhadap perkembangan perkoperasian di daerah ini harus mampu lebihkreatif, inovatif serta mendesain dengan cermat berbagai program yang mengacukepada visi dan misi organisasi dan bersinergi dengan program pembangunandaerah ini.

“Kedepan tentu kita harapkan agar Iembaga perkoperasiansemakin menampakkan fungsi dan manfaatnya ditengah berbagai permasalahankebutuhan yang menghimpit masyarakat kita,” harap Kaswadi melalui sambutannya.

Rakerda ini, kata dia, hendaknya pula menjadi mediaevaluasi terhadap kilas balik perjalanan dan keberadaan Dekopinda KabupatenSoppeng selama ini, terutama dalam menyikapi berbagai problema yang dialamimasyarakat.

“Saya percaya dengan kepengurusan yang ada serta program-programkedepan, Dekopinda Kabupaten Soppeng akan mampu menjawab setiap tantangan yang ada,”tutupnya.

TerPopuler