Kapal Tenggelam Dihantam Ombak, Enam ABK Bertahan di Laut Selama Tiga Hari

Kapal Tenggelam Dihantam Ombak, Enam ABK Bertahan di Laut Selama Tiga Hari

Sabtu, 08 Juni 2019,

SINJAI, SULAWESINEWS.COM – Sebanyak enam orang warga Kabupaten Jeneponto berhasil diselamatkan tim SAR gabungan di perairan teluk Bone, Sabtu (08/06/2019). Hal itu setelah kapal layar motor (KLM) ‘Dua Putra’ yang mereka awaki tenggelam di sekitar Pulau Sembilan, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Informasi yangdiperoleh, kapal bermuatan40 meter kubik kayu tersebut bertolak dari Pulau Kabaena SulawasiTenggara menuju Kabupaten Jeneponto. Namun naas, kapal tersebut tenggelamsetelah dihantam ombak hingga membuat salah satu dinding kapal jebol, Rabu (05/06/2019)lalu, sekitar pukul 02.30 dini hari.

Untuk menyelamatkandiri, para anak buah kapal (ABK) membuat rakit dari drum air sebanyak 9 buah. Diatas rakit itulah, keenam ABK bertahan hidup di tengah laut melawan ombak danhujan selama tiga hari. Untuk mengisi perut, keenam korban hanya ‘bermodalkan’ gulapasir satu liter.

Di atas rakityang terus bergerak terbawa arus laut itu, hingga korban mendapatkan sinyal danmenelpon kepada pemilik kapal (bos mereka).

“Tadi pagi merekabaru mendapatkan sinyal dan menelpon kepada bosnya. Kemudian bosnya menghubungikami,” ujar Kapolsek Pulau Sembilan, Ipda Sasmito, saat dihubungi melaluitelepon selulernya.

Tim SAR gabunganterdiri dari Basarnas Bone, BPBD Sinjai, SAR Batalyon C Pelopor dan PolairudSinjai, dan dipimpin Kapolsek Pulau Sembilan berhasil mengevakuasi korban dilokasi sekitar 10 mil dari Pulau Batang Lampe.

Setelah korban dievakuasioleh tim SAR gabungan, mereka diistirahatkan di Pulau Sembilan untukmendapatkan pemulihan.

“Korban diistirahatkandulu di pulau untuk pemulihan. Mereka sudah diberi makan dan minum, jugasarung. Selanjutnya korban akan dibawa ke Rumah Sakit Umum (RSU) KabupatenSinjai untuk dilakukan pengecekan kesehatan,” tutur Sasmito.

Adapun nama keenam ABK tersebut yaitu Ichal (35), Samuddin (27), Pelleng (55), Ramli (25), Ruslan (22) dan Anto (35).

Penulis : Malik
Editor : Yusdi Muliady

TerPopuler