Kerjasama Badan Siber dan Sandi Negara, Pemkab Soppeng Gelar Sosialisasi Komunikasi Sandi

Kerjasama Badan Siber dan Sandi Negara, Pemkab Soppeng Gelar Sosialisasi Komunikasi Sandi

Kamis, 20 Juni 2019,

SOPPENG, SULAWESINEWS.COM– DinasKomunikasi Informatika Kabupaten Soppeng bekerjasama dengan Badan Siber danSandi Negara menggelar Sosialisasi Hubungan komunikasi Sandi Pemerintah DaerahKabupaten Soppeng, Kamis (20/6/2019).

Laporan panitia pelaksana, Kadis KominfoKab.Soppeng, Drs.Andi Fithratuddin, mengatakan dasar pelaksanaan kegiatan iniUndang – undang Nomor 14 tahun 2008, keterbukaan informasi publik. Peraturanpemerintah nomor 61 tahun 2010, tentang pelaksanaan UU nomor 14.Tahun 2008,tentang Keterbukaan Informasi Publik.Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2012tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik. Peraturan KepalaLembaga Sandi Negara Nomor 7 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Persandianuntuk Pengamanan Informasi di Lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi danKabupaten. Peraturan Kepala Lembaga Sandi Negara Nomor 10 Tahun 2017 tentangPenyelenggaraan Sertifikat Elektronik.

Tujuan sosialisasi ini adalah untukmemberikan pemahaman kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) agar lebih bijaksanadalam mengelola informasi, baik yang bersifat umum, terbuka maupun terbatasatau rahasia, serta memberikan kesadaran bahwa dalam perkembangan teknologiinformasi sangat mudah terjadi penyalagunaan informasi yang bersifat rahasia dilingkup pemerintahan oleh pihak-pihak lain yang tidak bertanggung jawab.Pemanfaatan Sertifikat Elektronik dalam transaksi elektronik untuk memberikanjaminan otentikasi data, integriras data, anti penyangkalan dan rahasia.

Peserta Sosialisasi Hubungan KomunikasiSandi terdiri dari para Asisten, para Pimpinan SKPD, para Kepala Bagian, paraCamat dan Pejabat/Staf terkait masing-masing SKPD.

Adapun Narasumber berasal dari BalaiSertifikat Elektronik dari Badan Siber dan SandiNegara, Dinas KomunikasiInformatika, Statistik dan persandian Provinsi Sulsel.

Sambutan Bupati Soppeng yang di wakili olehAsisten III Administrasi, Drs.Kamaruddin SE,M.Si mengatakan sebagaimana kitaketahui bersama bahwa teknologi informasi dan komunikasi mempunyai peranansangat penting dalam kehidupan sehari-hari dengan kota lain teknologi dankomunikasi merupakan kebutuhan mendasar untuk menunjang segala aspek kehidupan,kondisi tersebut juga terjadi di Kabupaten Soppeng pada umumnya dan di lingkunganPemerintah Kabupaten Soppeng pada khususnya. Di kalangan masyarakat maupundalam dunia pendidikan dan bisnis teknologi informasi dan komunikasi sangatmembantu peluang bagi pengaksesan, pengelolaan dan pendayagunaan informasidalam volume yang besar secara tepat dan akurat.

Namun pada era teknologi informasi dankomunikasi pada saat ini masalah seringkali kurang mendapatkan perhatian daripemilik dan pengelola sistem informasi, masalah keamanan berada pada urutankedua, bahkan diurutan terakhir dalam daftar hal-hal yang dianggap pentingapabila menganggu kinerja dari sistem, sering kali keamanan dikurangi atau ditiadakan.

Diharapkan kepada para pimpinan OPD, para Kepala Bagian dan para Camat serta pejabat/staf dapat mengikuti secara seksama dan sungguh-sungguh sosialisasi ini sehingga pada gilirannya dapat diketahui dan dimengerti pentingnya sertifikat elektronik dalam bertransaksi. Dan harapan saya dari kegiatan sosialisasi ini agar seluruh aparat dapat meningkatkan kesadaran informasi yang berguna, dan menggunakan oplikasi sebaik mungkin untuk mewujudkan pemerintahan yang lebih baik. (Adv)

TerPopuler