Pemkab Soppeng Gelar Sosialisasi Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Barang dan Jasa, Ini Tujuannya

Pemkab Soppeng Gelar Sosialisasi Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Barang dan Jasa, Ini Tujuannya

Kamis, 27 Juni 2019,

SOPPENG,SULAWESINEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Soppeng melalui BagianPengadaan menggelar SosialisasiPedoman Pelaksanaan Pengadaan Barang dan Jasa, yang diselenggarakan di RuangPola Kantor Bupati Soppeng, Kamis (27/06/2019).

Sosialisasiini di selenggarakan dengan merujuk pada Peraturan Bupati Soppeng Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pedoman Pelaksanaan Barang/Jasa melalui penyedia dan Peraturan Bupati Soppeng Nomor 24 Tahun 2019 tentang Pedoman Pelaksanaan Barang/Jasa secara swakelola di Lingkup PemerintahKabupaten Soppeng.

KetuaPanitia, HazwarAE, ST MT, dalam laporannya menjelaskan bahwa tujuan sosialisasi ini diharapkan dapatmemberikan pengetahuan tentang pengadaan barang/jasa berdasarkan peraturan yang berlaku, serta meningkatkan pengetahuan kepada pelaku pengelolabarang/jasa lingkup Pemerintah Kabupaten Soppeng, khususnya di tingkat Kecamatan dan Lurah.

Acara tersebut dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Soppeng, Drs. HA Tenri Sessu M.Si.

Sekda yang dalam sambutannya mengatakan bahwa permasalahan dalam pengadaanbarang/jasa,pemerintah dalam beberapa tahun ini sudah mulai berkurang sejak diadakannya sistem pengadaan secara elektronik (e-procurement).

“Tidakhanya itu, Pemerintah juga telah mengeluarkan berbagai aturan untukmelaksanakan pengadaan barang dan jasa, yang harus dikuti sebagaimana diatur dalam PeraturanPresiden Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2018 Tentang Pengadaan Barang/JasaPemerintah,” ujar Tenri Sessu.

“Hal itu telah menunjukkan keseriusan pemerintah untuk mewujudkan pelaksanaanpengadaan barang/jasa  secara transparansi, akuntabilitasi danprofesionalisme, sehingga proses itu sendiri dilaksanakan lebih baik sekaligusdiharapkan penggunaan keuangan negara berjalan lebih efisien, efektif dan tepat guna,”jelasnya.

Dalam akhir sambutannya, Sekda juga mengharapkan kepada para peserta sosialisasi untuk mengikuti sosialisasi ini dengan sebaik-baiknya, sehingga semua pihak dapat memahami aturan yang ada.

TerPopuler