Sultra

Wakil Bupati Kolut Lepas Keberangkatan 176 CJH Menuju Tanah Suci

KOLUT, SULAWESINEWS.COM – Wakil Bupati Kolaka Utara (Kolut), H Abbas SE, melepas sebanyak 176 orang Jemaah Calon Haji (JCH) Kolut di Pelabuhan Katoi Kecamatan Katoi, Kabupaten Kolaka Utara, untuk menuju Pelabuhan Siwa, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, Selasa (23/7/2019).

Setiba di Pelabuhan Siwa, para CJH berlanjut dengan menumpangi bus menuju Asrama Haji Sudiang Makassar.

Jemaah Calon Haji Kolaka Utara tersebut nantinya akan tergabung di dalam kelompok terbang (kloter) 26 dan 28 Embarkasi Makassar bertolak ke Tanah Suci Mekkah.

H Abbas dalam sambutannya, berharap kepada seluruh JCH Kolaka Utara yang lolos porsinya tahun ini untuk melaksanakan ibadah haji setelah menunggu kurang lebih 8 tahun lamanya.

“Oleh karena itu, saya mengharapkan kepada seluruh Jemaah Calon Haji agar kesempatan ini benar-benar dimanfaatkan secara maksimal untuk beribadah, dalam rangka menyempurnakan Rukun Islam yang kelima,” harap H Abbas.

“Karena belum tentu kita mendapat kesempatan melaksanakan ibadah haji berikutnya. Sebab kita dibatasi oleh aturan, termasuk sistem dan aturan Penyelenggaraan Ibadah Haji yang ada pada saat ini,” sambungnya.

Baca Juga:  Pemkab Kolut Salurkan Zakat Profesi ASN ke Sejumlah Masjid dan Pesantren

Dikatakannya, Penyelengaraan Ibadah Haji di Kolaka Utara sebagai salah satu kegiatan keagamaan yang diselenggarakan mulai dari pemerintah pusat sampai Daerah dan memilih Kepala Kantor Kementerian Agama selaku kepala staf dan Bupati Kolaka Utara selaku koordinator di tingkat kabupaten.

“Maka saya merasa berkewajiban menyampaikan kepada seluruh panitia dan Stakeholder yang terlibat. Agar prosesi pemberangkatan jemaah haji benar-benar dilakukan secara serius dan akuntabel. Karena kegiatan ini, merupakan agenda nasional bahkan berskala internasional yang proses penanganannya rentang dengan masalah yang kadang muncul di luar perkiraan kita,” ungkap H Abbas.

Ia pun menjelaskan, penyempurnaan dan peningkatan kualitas pelayanan haji menjadi proritas utama dan harus mendapat perhatian khusus.

Sehingga, kata dia, diharapkan proses pelayanan jemaah semakin maju yang signifikan sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang No 8 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah, bahwa penyelenggaraan ibadah haji harus memberikan pembinaan, pelayanan, dan pelindungan.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kolut H Baharuddin kepada awak media mengatakan, untuk tahun 2019  ini sebanyak 174 Calon Jemaah Haji akan diberankatkan.

Baca Juga:  Keluarga Besar Polres Kolaka Utara Berkurban, Ini Jumlah Hewan yang Disembelih

“Akan tetapi karena salah seorang Calon Jemaah Haji meninggal dunia, sehingga yang akan berangkat hanya 173 orang. Tapi karena ada kouta yang kosong, sehingga Kolaka Utara kembali mendapatkan tambahan tiga orang. Sehingga hari ini sebanyak 176 JCH yang akan berangkat,” jelas H Baharuddin.

Dari 176 orang JCH Kolaka Utara yang berangkat pada musim haji 2019 ini, jumlah Jemaah laki-laki sebanyak 109 orang dan Jemaah perempuan 67 orang.

Pada kesempatan itu, turut hadir dalam pelepasan Jemaah Calon Haji Kolut, diantaranya Wakapolres Kolaka Utara Kompol Nurdin S.Sos MM, Ketua DPRD Kolaka Utara Agusdin,S Kom bersama anggota DPRD lainnya.

Ketua Pengadilan Negeri Kolut, Budi Prayitno SH MH, Ketua Pengadilan Agama Kolut H Mihdar S.Ag MH, para pejabat TNI – Polri.

Asisten I Setdakab Kolaka Utara Ashar SH MH, Asisten II Drs Mardang MM. Para Kepala SKPD Lingkup Kabupaten Kolaka Utara. Kepala Kantor Kementerian Agama Kolaka Utara Drs H Baharuddin M.Si.

Danramil Pakue Kapten Inf Hamka, para Camat se-Kabupaten Kolaka Utara, Ketua FKUB Kolaka Utara,Badan Kontak Majelis Taklim se-kabupaten Kolaka Utara, Tokoh masyarakat, tokoh agama serta tamu undangan lainnya. (Andi Momang)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

COPYRIGHT © 2015 - 2019 - PT SULAWESI MULTIMEDIA GRUP

To Top
error: Maaf hargai karya orang lain. Kalau mau copy artikel, hub admin