Bunda Baca Sinjai Ajak-anak Rajin Membaca dan Kurangi Main Handphone

Bunda Baca Sinjai Ajak-anak Rajin Membaca dan Kurangi Main Handphone

Sabtu, 20 Juli 2019,

SINJAI, SULAWESINEWS.COM – Bunda Baca Kabupaten Sinjai, Hj Andi Nurhilda Daramata Seto, menghadiri kegiatan Wisata Baca danDongeng.

Kegiatan yang bertemakan “Semarak Literasi Anak Melalui Wisata Baca, KitaWujudkan Kegemaran Membaca dan Membentuk Karakter Anak Yang Unggul dan BerdayaSaing” yang digelar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sinjai bekerjasama denganRumah Dongeng Indonesia yang berlangsung di Taman Purbakala Batu Pake Gojeng,Jumat (19/7/2019).

Kepala DinasPerpustakaan dan Kearsipan, La Baba Paisal SH M Pd dalam laporannya menyampaikanbahwa kegiatan ini merupakan wujud kepedulian Ketua Tim Penggerak PKK dalammemotivasi dan menginspirasi anak-anak mulai tingkat TK,SD dan SMP sederajatdalam mewujudkan minat baca yang tinggi dan karakter anak yang terpuji.

“Tak lamalagi kita akan memiliki gedung dan fasilitas perpustakaan ibu dan anak. Untuk itu, perlu kita semua ketahui bahwa arahkebijakan perpustakaan ke depanadalah perpustakaan digital sebagi pusat informasi literasi berbasis inklusi social, yaitu wadah untuk meningkatkan skilldan kecakapan anak dengan mengajarkan keterampilan serta mendorong masyarakattermasuk ibu rumah tangga dalam merubah pola hidup kearah yang lebih baik untukpeningkatan kesejahteraan. Dengan demikian, kedepan perpustakaan tidak lagidipandang sebelah mata akan tetapi akan membuka seribu mata dalam upaya peningkatankesejahteran masyarakat,” ujar La Baba Paisal menjelaskan.

Sementaraitu, Bunda Baca Andi Nurhilda Daramata Seto dalam sambutannya menyampaikanbahwa selaku Bunda Baca Kabupaten Sinjai, dia berterima kasih dan memberikanapresiasi serta penghargan setinggi-tingginya kepada semua pihak yangberpartisipasi dalam mensukseskan kegiatan itu.

“Kegiatanwisata baca dan mendongeng merupakan sebuah terobosan yang luar biasa yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Sinjai. Karena selain kegiatan membaca anak-anak, kita diajak untuk mendengarkandongeng, serta menikmati dan melihat langsung salah satu tempat wisata yang adadi Kabupaten Sinjai, seperti yang kita laksanakan hari ini di Batu Pake Gojeng,sehingga anak-anak kita tidak merasa bosan,” katanya.

Ia jugamenambahkan bahwa kegiatan ini memiliki manfaat yang besar bagi pendidikankarakter anak- anak, agar mampu berpikir kritis, kreatif dan komunikatif, dalamrangka menjawab tantangan zaman yang semakin kompleks.

“Kegiatanmendongeng juga merupakan salah satu cara mendekatkan diri kita dengan anak.Bukan hanya dongeng yang ada di buku, kita juga bisa menceritakan merekatentang kehidupan atau pengalaman kita tetapi dengan menggunakan bahasa yangmudah dan cepat mereka pahami,” ujarnya

“Saya jugamenghimbau kepada anak-anak yang hadir pada hari ini untuk bisa lebih rajinmembaca dan mengurangi bermain Handphone (HP),” sambungnya.  

Turut hadirKepala BP3P2KB Dra.Hj.Mas Ati, M.Si, Wakil Ketua TP PKK, Sekretaris DinasPariwisata dan Kebudayaan, Sekretaris Dinas Pendidikan, Ketua Pokja II TP.PKK,dan tim rumah dongengIndonesia. (Adv)

TerPopuler