Hadiri Rakornas TPID di Jakarta, Ini Harapan Bupati Sinjai

Hadiri Rakornas TPID di Jakarta, Ini Harapan Bupati Sinjai

Jumat, 26 Juli 2019,

JAKARTA,SULAWESINEWS.COM – Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa, menghadirirapat kerja Nasional Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) yang digelar di HotelGrand Sahid Jaya, Jakarta, Kamis (25/7/2019).

Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) X Tim PengendaliInflasi Daerah (TPID) 2019 yang mengusung tema “Sinergi dan InovasiPengendalian Inflasi untuk Penguatan Ekonomi yang Inklusif”, dibuka langsungWakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla (JK).

Kepala Bagian (Kabag) Ekonomi Setdakab Sinjai, Andi TenriRawe, yang ikut mendampi Bupati Sinjai mengatakan, bahwa kegiatan tersebutdilaksanakan setiap tahun oleh Bank Indonesia bekerjasama dengan KementerianDalam Negeri dalam hal ini Dirjen Bangda.

“Angka inflasi di Kabupaten Sinjai mengikuti inflasidi Bone sebagai sampel penentuan angka inflasi di Sulsel, dimana angkanya masihdi bawah angka inflasi Sulsel secara menyeluruh,” ujar Andi Tenri Rawe.

Tenri Ware menyampaikan, bahwa di tahun 2019 ini, yang salah satu menjadi sumber inflasi Kabupaten Sinjai pada bulan Juni kemarin,yakni di perlengkapan kebutuhan  anak sekolah.

“Di sektor produksi kita tidak ada masalah, bawang merah,bawang putih, cabe kita produksi di Sinjai malah kita deflasi. Untuk sektorproduksi sampai 6 (enam) bulan ke depan bahan pokok di Sinjai kita aman,” kataTenri Rawe menjelaskan.

Sementara itu, Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapamengatakan, mudah-mudahan di Kabupaten Sinjai pihaknya menjaga inflasi.

“Tapi kita juga tetap punya pemikiran inflasi ini bukanhanya ditekan, tetapi juga dijaga. Karena pesan Wapres Yusuf Kalla di pertemuantadi mengatakan, bahwa inflasi tetap dibutuhkan khususnya masyarakat di daerahpedesaan, yang banyak berkutat dibarang expor seperti kopi cengkeh, cokelat,dan lain-lain,” kata Seto.

“Yang ditekankan oleh pak Wapres harga kebutuhanpokok, yaitu kebutuhan sehari-hari agar harganya terjaga, bukan juga harusrendah sekali karena kita tetap memperhatikan petani supaya mereka juga punyapenghasilan yang lebih. Intinya Kita tetap menjaga inflasi tetapi tidak ditekansampai betul-betul tidak ada,” tambah Seto.

Rakornas ini turut dihadiri sejumlah Menteri diantaranya,Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi,Menteri PPN/Bappenas Bambang Brodjonegoro, Menteri Komunikasi dan InformatikaRudiantara.

Selain itu, hadir Ketua Dewan Komisioner Otoritas JasaKeuangan Wimboh Santoso dan Gubernur BI Perry Warjiyo.

Acara ini juga dihadiri para Gubernur, Bupati/Walikotadari seluruh Indonesia. (Adv)

TerPopuler