Optimalkan Potensi Daerah, Bupati Sinjai Tandatangani MoU Dengan LKBN Antara

Optimalkan Potensi Daerah, Bupati Sinjai Tandatangani MoU Dengan LKBN Antara

Rabu, 17 Juli 2019,

JAKARTA, SULAWESINEWS.COM – Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa SH LLM, melakukan penandatanganan Memorandum of Understending(MoU) dan Perjanjian Kerjsama (PKS) di bidang Layanan Informasi Publik denganLembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara yang bertempat di Wisma AntaraJakarta, Selasa (16/7/2019) kemarin.

Kepala DinasKomunikasi, Informatika dan Persandian Kabupaten Sinjai H. Firdaus yang turutmendampingi Bupati Sinjai dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa, tujuan dari penandatanganankerjasama ini adalah untuk media layanan informasi public.

Khususnyakerjasama dalam rangka memberikan informasi, baik dari pemerintah pusat maupuninformasi dari pemerintah daerah, dalam rangka mempromosikan pemerintah daerahdi tingkat nasional maupun tingkatinternasional, karena kita ketahui LKBN Antara memiliki kerjasama di beberapa negara.

“Jadikedepan ada perjanjian kerjasama media digital, tentang penyebarluasaninformasi publik,  dan kita akan dibantuLKBN Antara untuk pemasangan videotron di Kabupaten Sinjai,” Katanya.

Lebihlanjut, Firdaus mengatakan bahwa untuk pemasangan videotron di Sinjai ada 2(dua) jenis, yaitu videotron outdor dan indor, dan ini semua dibiayai olehkantor berita Antara, jadi Pemda tinggal menyediakan lokasi denganperizinannya.

“Videotronoutdor ini akan dipasang di pusat pelayanan publik di Sinjai, diantaranya RSUDSinjai, PTSP Sinjai,  PerikananSinjai,  dan Samsat Sinjai. Insya Allahkalau saya pulang langsung mengurus lokasi dan perizinannya, dan setelah itu turuntim survey dari LKBN Antara untuk melihat dari sisi kelayakannya. Terkaitpemberitaan, 60 persen berita dari pusat, dan 40 persen berita dari daerah pada media Antara,” jelas Firdaus.

Sementaraitu, Bupati Sinjai AndiSeto Gadhista Asapa mengatakan, bahwa ia sangat merespon, dan mengapresiasikerjasama tersebut.

“Olehkarena Kabupaten Sinjai akan lebih banyak dipublish dan dipromosikan dimediaAntara, termasuk mempromosikan potensi sumber daya alam, dan potensi pariwisatakita, sehingga potensi-potensi yang kita miliki didaerah dapat diketahuiditingkat nasional maupun ditingkat internasional,” ujar Seto.

Seto pun berharap ke depanagar Sinjai bisalebih baik, dan bisa lebih dikenal ditingkat nasional.

“PerjanjianMoU akan kita tindaklanjuti dengan pelatihan-pelatihan peningkatan SDM,khususnya peningkatan SDM aparatur kita. Nanti kita akan kirim aparatur PNSuntuk belajar dan dilatih menjadi fotografer, membuat rilis pemberitaanpembangunan daerah. Dan kedepannya akan kita lihat, mana yang lebihmenguntungkan buat kita,  apakah kitaakan mengirim peserta kesana, ataukah kita akan menghadirkan pemateri dari LKBN Antara untuk datang diSinjai,” jelasnya.

Senadadengan Direktur LKBN Antara, Meidyatama Suryodiningrat, juga memberikanapresiasi terhadap kerjasama ini, karna berita daerah akan dipublis pada mediaAntara sebagai wujud komitmen untuk penyatuan negeri.

“Terkaitpeningkatan SDM, kita akan latih selama satu minggu, dan selama satu minggu itudiharapkan sudah bisa mengaplikasikan ilmu yang didapatkan dari pelatihantersebut,” kataMeidyatama. (Adv)

TerPopuler