Pemkab Kolaka Utara Gelar Rapat Persiapan Pemberangkatan Jamaah Calon Haji

Pemkab Kolaka Utara Gelar Rapat Persiapan Pemberangkatan Jamaah Calon Haji

Selasa, 16 Juli 2019,

KOLUT, SULAWESINEWS.COM– PanitiaPenyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), SulawesiTenggara (Sultra), menggelarRapat Koordinasi (Rakor) persiapan pemberangkatan Jamaah Calon Haji (JCH) embarkasi UPGtahun 1440H/2019 M di Aula Kantor Kementerian Agama (Kemenang) Kolaka Utara, Selasa (16/7/2019).

Rakor tersebutdipimpin Wakil Bupati Kolaka Utara, H Abbas SE, dan didampingi oleh Kepala Kemenag H Baharuddin, KasubagDal Ops Polres Kolut AKP Irbar, Kepala Dinas Perhubungan KolutIr Junus dan Kasat Pol PP Drs Ramang.

Di hadapan peserta rapat, H Abbas menyebutkan jika secara umum Pemerintah berkewajiban untukmenyukseskan penyelenggaraan ibadah haji 1440 H/2019 M.

Hal ini, katadia, dimaksudkan untukmemenuhi harapan Undang Undang Nomor 8 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah, yang di dalamnya mengamanahkan bahwapenyelenggaraan ibadah haji harus memberikan pembinaan, pelayanan, danpelindungan bagi Jamaah Haji.

“Selain iturapat ini dilaksanakan untuk mengintensifkan komunikasi, koordinasi dankonsultasi dari semua unsur PPIH dalam memastikan pelayanan terhadap JCH terpenuhidengan baik,” terang Wakil Bupati.

Selainitu, dia jugaberharap kepadapemerintah kecamatan agar melaksanakan pelepasan calon jemaah haji di masing- masing kecamatan menuju Pelabuhan Tobaku.

Dikatakannya, untuk transportasi Jemaah menuju embarkasi Makassar, Pemerintah Daerah akan menanggung semuabiayanya mulai dari kapal fery sampai transportasi bus semuanya ditanggung oleh Pemerintah Kolut.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kolut H Baharuddin usai rapat koordinasi mengatakan, untuk tahun2019  ini rencananya sebanyak 174 Jamaah Calon Haji Kolaka Utara akan diberangkatkan, akan tetapi karena salah seorang calon jemaah meninggal dunia dua hari yang lalu.

“Sehinggapada tanggal 23 Juli 2019 nanti, sebanyak 173 Jamaah Calon Haji Kolut yang akan berangkat melaluiPelabuhan Katoi menuju Pelabuhan Siwa dan berlanjut dengan menumpangi Bus menujuAsrama HajiSudiang Makassar,”jelasnya. (Andi Momang)

TerPopuler