Pemkab Sinjai Gelar Rapat Evaluasi dan Monitoring Penerimaan PBB

Pemkab Sinjai Gelar Rapat Evaluasi dan Monitoring Penerimaan PBB

Jumat, 26 Juli 2019,

SINJAI, SULAWESINEWS.COM – Pemerintah KabupatenSinjai, Sulawesi Selatan, menggelar rapat evaluasi dan monitoring penerimaan Pajak Bumi danBangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) yang berlangsung di ruang pola kantor Bupati Sinjai, Kamis(25/7/2019).

Rapat evaluasidan monitoring ini dipandu langsung oleh Wakil Bupati Sinjai, Hj. Andi Kartini Ottong, didampingi Kepala Badan PendapatanDaerah Sinjai, Lukman Fattah.

Dalamsambutannya, Kartini sangat mengapresiasi pertemuan seperti itu.

Tujuannya,kata dia, untuk mengetahui sejauh mana progres pendapatan dari Pajak Bumi dan Bangunan mulai dari tingkat desa, Kelurahan hingga di kecamatan bisa diketahui.

“Artinyaapa, lewat pertemuan seperti ini semua persoalan baik menyangkut tagihan sampaimasalah tehnis pengelolaan pajak termasuk masalah di lapangan yang menjadikendala bisa di carikan solusinya,” kata Kartini. 

Kartinimengharapkan agar dengan adanya kegiatan evaluasi dan monitoring lahir persepsidan pandangan yang sama antara wajib pajak maupun petugas retribusi. Selain itu, secara bersama-sama membahas tentanghak dan kewajiban serta konsekuensi jika terjadi pelanggaran terhadap ketentuanyang berlaku.

Ia menjelaskan, sasaran yang ingin capai dari kegiatan itu adalah bagaimana kemudian pengelolaanpotensi pajak dan wajib pajak daerah lebih optimal.

“Initentunya persoalan bagaimana pemerintah menggenjot peningkatan Pendapatan AsliDaerah (PAD) khusus dari sektor pajak bumi dan bangunan, dan retribusi daerah lainnya tetapmampu menopang. Bahkan sedianya memang harus memberikan peningkatan kemampuan dalampengelolaan sumber keuangan yang berasal dari PAD,” jelasnya.

Rapat inijuga diikuti oleh para camat,lurah, dan para kepala desa se-Kabupaten Sinjai. (Adv)

TerPopuler