Sekda Sinjai Buka Sosialisasi Peraturan Daerah, Ini yang Disampaikan

Sekda Sinjai Buka Sosialisasi Peraturan Daerah, Ini yang Disampaikan

Rabu, 31 Juli 2019,

SINJAI, SULAWESINEWS.COM – Bupati Sinjai yang diwakili olehSekretaris Daerah Sinjai, Drs. Akbar, M.Si, menghadiri sekaligus membuka acara sosialisasi Peraturan Daerah (Perda)yang digelar oleh Yayasan Institut Hukum Indonesia (IHI) Biro Kabupaten Sinjai,Rabu (31/7/2019).

Kegiatanyang digelar di Aula Hotel Rofina, Kecamatan Sinjai utara ini turut dihadiriPerwakilan dari Dandim 1424 Sinjai, Kapolres Sinjai, Camat Sinjai Utara,Kapolsek Pulau Sembilan, Kapolsek Sinjai Utara.

Adapunpeserta dari para perwakilan Kepala Desa, dan BPD se-Kecamatan SinjaiUtara,  Kecamatan Bulupoddo dan KecamatanPulau Sembilan.

Hadirsebagai narasumner Kabag Hukum Dan Ham Setdakab Sinjai, yang mewakili Kadis PolPP dan Damkar Sinjai, perwakilan dari Dinas PMD Sinjai.

KetuaYayasan Institut Hukum Indonesia Kabupaten Sinjai, Asdar Palewai dalamsambutannya menyampaikan bahwa kegiatan tersebut terlaksana atas kerjasamadengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai, sebagai peran aktif lembaga dalammengawal pelaksanaan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Sinjai, khususnya dalamsektor pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

“DalamSosialisasi ini, ada tiga materi Perda yang di sosialisasikan diantaranya,Perda Bantuan Hukum Gratis Bagi warga miskin, Perda Trantib, dan perda Badan PermusyawaratanDesa (BPD),” ungkapnya.

Lebih lanjutAsdar juga menyampaikan jika pelaksanaan kegiatan tersebut merupakan titik keempat, dimana sebelumnya telah dilaksanakan di Sinjai Tengah, Sinjai Selatandan Kecamatan Tellulimpoe, sehingga sasarannya sembilan kecamatan di Sinjaitelah tersentuh.

“Maksud darisosialisasi tersebut juga untuk memberikan pemahaman kepada Perangakat desa danBPD sebagai perpanjangan tangan pemerintah daerah dalam menyebar luaskankebijakan-kebijakan strategis yang dikeluarkan pemerintah daerah,” jelsanya.

Sementaraitu, Bupati Sinjai, dalam hal ini Sekretaris daerah Sinjai, Akbar, M.Si dalam sambutannyamengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh IHI tersebut, Ia jugamenyampaikan terima kasih atas inisiatif tersebut untuk membantu pemerintahdaerah, dimana memang pemda memiliki keterbasan untuk menjangkau masyarakatuntuk mensosialisasikan kebijakan yang ada.

“Atas namapemerintah daerah mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas kegiatantersebut, semoga kegiatan-kegiatan seperti ini kedepan bisa lebih ditingkatkandan di optimalkan,” katanya.

Menurutnyatidak banyak lembaga yang bisa mengambil peran seperti ini, sehingga iaberharap sinergitas IHI dengan pemerintah kedepan dapat lebih diperkuat dalammengawal kebijakan pemerintah kedepan.

“Kalau perlubagian Hukum nanti bisa menjalin MoU dengan IHI Sinjai dalam hal sosialisasidan penyebar luasan kebijakan pemerintah daerah, sehingga kedepan setiapkebijakan bisa secara efektif sampai ke masyarakat,” pungkasnya.

TerPopuler